Infolinks In Text Ads

Elektrofisiologi sel otot jantung

Aktivitas listrik jantung merupakan akibat dari perubahan permeabilitas membran sel yang memungkinkan pergerakan ion – ion melalui membran tersebut. Dengan masuknya ion – ion maka muatan listrik sepanjang membran ini mengalami perubahan yang relatif.

Terdapat 3 ion yang mempunyaii fungsi penting dalam elektrofisologi sel yaitu: kalium (k), natrium (Na), dan klalsium (Ca). Kalium lebih banyak terdapat didalam sel, sedangkan kalium dan natrium lebih banyak terdapat diluar sel.

Dalam keadaan istirahat, sel –sel otot jantung mempunyai muatan  posiitif dibagian luar sel dam muatan negatif berada dibagian dalam sel. Hal ini dapat dibuktikan dengan galvanometer (alat mengukur elektromagnetik). Perbedaan muatan bagian luar dasn bagian dalam sel tersebut resting membran potensial.

Bila sel dirangsang akan terjadi perubahan, muatan dalam sel berubah menjadi positif, sedangkan diluar sel menjadi negatif. Proses terjadinya perubahan muatan akibat rangsangan dinamakan depolarisasi. Kemudian  setelah rangsangan berusaha kembali pada keadaan muatan semula, proses ini dinamakan repolarisasi. Seluruh proses tersebut dinamakan aksi potensial Aksi potensial terjadi di sebabkan rangsangan listrik, kimia, mekanik dan termis. 

0 comments:

Posting Komentar