Infolinks In Text Ads

Klasifikasi Derajat Anemia Menurut WHO

Klasifikasi Derajat Anemia Menurut WHO yang dikutip dalam buku Handayani W, dan Haribowo A S, (2008) :
1. Ringan sekali Hb 10,00 gr% -13,00 gr%
2. Ringan Hb 8,00 gr% -9,90 gr%
3. Sedang Hb 6,00 gr% -7,90 gr%
4. Berat Hb < 6,00 gr%

Klasifikasi Anemia
Klasifikasi anemia menurut Setiawan Y (2006), anemia dalam kehamilan dapat dibagi menjadi :

 Anemia Zat Besi (kejadian 62,30%)
Anemia dalam kehamilan yang paling sering ialah anemia akibat kekurangan zat besi. Kekurangan ini disebabkan karena kurang masuknya unsur zat besi dalam makanan, gangguan reabsorbsi, dan penggunaan terlalu banyaknya zat besi.

Anemia Megaloblastik (kejadian 29,00%)
Anemia megaloblastik dalam kehamilan disebabkan karena defisiensi asam folat.

Anemia Hipoplastik (kejadian 80,00%)
Anemia pada wanita hamil yang disebabkan karena sumsum tulang kurang mampu membuat sel-sel darah merah. Dimana etiologinya belum diketahui dengan pasti kecuali sepsis, sinar rontgen, racun dan obat-obatan.

Anemia Hemolitik (kejadian 0,70%)
Anemia yang disebabkan karena penghancuran sel darah merah berlangsung lebih cepat, yaitu penyakit malaria.

Anemia Lain
Pembagian anemia berdasarkan pemeriksaan hemoglobin menurut Manuaba (2007), adalah :
1. Tidak anemia : Hb 11,00 gr%
2. Anemia ringan : Hb 9,00-10,00 gr%
3. Anemia sedang : Hb 7,00-8,00 gr%
4. Anemia berat : Hb < 7,00 gr%
2.4.6 Komplikasi Anemia Dalam Kehamilan
Komplikasi anemia dalam kehamilan memberikan pengaruh langsung terhadap janin, sedangkan pengaruh komplikasi pada kehamilan dapat diuraikan, sebagai berikut :

Bahaya Pada Trimester I
Pada trimester I, anemia dapat menyebabkan terjadinya missed abortion, kelainan congenital, abortus / keguguran.

Bahaya Pada Trimester II
Pada trimester II, anemia dapat menyebabkan terjadinya partus premature, perdarahan ante partum, gangguan pertumbuhan janin dalam rahim, asfiksia intrapartum sampai kematian, gestosis dan mudah terkena infeksi, dan dekompensasi kordis hingga kematian ibu.

Bahaya Saat Persalinan
Pada saat persalinan anemia dapat menyebabkan gangguan his primer, sekunder, janin lahir dengan anemia, persalinan dengan tindakan-tindakan tinggi karena ibu cepat lelah dan gangguan perjalanan persalinan perlu tindakan operatif (Mansjoer dkk, 2008).

Kebutuhan Tablet Besi Pada Kehamilan
Kebutuhan tablet besi pada kehamilan menurut Jordan (2003), dijelaskan bahwa : Pada kehamilan dengan janin tunggal kebutuhan zat besi terdiri dari : 200-600 mg untuk memenuhi peningkatan massa sel darah merah, 200-370 mg untuk janin yang bergantung pada berat lahirnya, 150-200 mg untuk kehilangan eksternal, 30-170 mg untuk tali pusat dan plasenta, 90-310 mg untuk menggantikan darah yang hilang saat melahirkan.
Dengan demikian kebutuhan total zat besi pada kehamilan berkisar antara 440-1050 mg dan 580-1340 mg dimana kebutuhan tersebut akan hilang 200 mg (Walsh V, 2007) melalui ekskresi kulit, usus, urinarius. Untuk mengatasi kehilangan ini, ibu hamil memerlukan rata-rata 30,00-40,00 mg zat besi per hari. Kebutuhan ini akan meningkat secara signifikan pada trimester terakhir, yaitu rata-rata 50,00 mg / hari pada akhir kehamilan menjadi 60,00 mg / hari. Zat besi yang tersedia dalam makanan berkisar 6,00 sampai 9,00 mg / hari, ketersediaan ini bergantung pada cakupan diet. Karena itu, pemenuhan kebutuhan pada kehamilan memerlukan mobilisasi simpanan zat besi dan peningkatan absorbsi.

Penatalaksanaan Anemia Kehamilan
Menurut Setiawan Y (2006), dijelaskan bahwa pencegahan dan terapi anemia pada kehamilan berdasarkan klasifikasi anemia adalah sebagai berikut :

Anemia Zat Besi Bagi Wanita Hamil
Saat hamil zat besi dibutuhkan lebih banyak daripada saat tidak hamil. Pada kehamilan memerlukan tambahan zat besi untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dan membentuk sel darah merah janin dan plasenta, kebutuhan zat besi pada setiap trimester berbeda. Terutama pada trimester kedua dan ketiga wanita hamil memerlukan zat besi dalam jumlah banyak, oleh karena itu pada trimester kedua dan ketiga harus mendapatkan tambahan zat besi. Oleh karena itu pencegahan anemia terutama di daerah-daerah dengan frekuensi kehamilan yang tinggi sebaiknya wanita hamil diberi sulfas ferrossus atau glukonas ferrosus, cukup 1 tablet sehari, selain itu wanita dinasihatkan pula untuk makan lebih banyak protein dan sayur-sayuran yang banyak mengandung mineral serta vitamin. Terapinya adalah oral (pemberian ferro sulfat 60 mg / hari menaikkan kadar Hb 1,00 gr% dan kombinasi 60 mg besi + 500 mcg asam folat) dan parenteral (pemberian ferrum dextran sebanyak 1000 mg (20 ml) intravena atau 2 x 50 ml gr diberikan secara intramuskular pada gluteus maksimus dapat meningkatkan Hb relatif lebih cepat yaitu 2,00 gr% (dalam waktu 24 jam). Pemberian parentral zat besi mempunyai indikasi kepada ibu hamil yang terkena anemia berat). Sebelum pemberian rencana parenteral harus dilakukan test alergi sebanyak 0,50 cc / IC.

Anemia Megaloblastik
Pencegahannya adalah apabila pemberian zat besi tidak berhasil maka ditambah dengan asam folat, adapun terapinya adalah asam folat 15-30 mg / hari, vitamin B12 1,25 mg / hari, sulfas ferrosus 500 mg / hari, pada kasus berat dan pengobatan per oral lambat sehingga dapat diberikan transfusi darah.

 Anemia Hipoplastik
Anemia hipoplastik ini dianggap komplikasi kehamilan dimana pengobatan adalah tranfusi darah.

Anemia Hemolitik
Pengobatan adalah tranfusi darah.

Anemia Lain
Dengan pemeriksaan darah dilakukan minimal dua kali selama kehamilan yaitu pada trimester I dan III. Dengan pertimbangan bahwa sebagian besar ibu hamil mengalami anemia, maka dilakukan pemberian tablet besi sebanyak 90 tablet pada ibu hamil di Puskesmas, artinya ibu hamil setiap hari mengkonsumsi 1 tablet besi.

11 comments:

Unknown mengatakan...

toko jual obat kuat pria perkasa tahan lama herbal alami terbaik harga murah, obat kuat pria paling ampuh mujarah sudah terbukti manjur dan aman tanpa efek samping, obat kuat hadir sebagi solusi untuk membantu mengatasi problem para lelaki yang kurang tahan lama saat hubungan intim, obat kuat tahan lama dari bahan ramuan tradisional herbal alami yang di formulasi khusus untuk meningkatkan keperkasaan kaum pria. Membuat pria menjadi kuat dan perkasa, tahan lama mampu berulang-ulang dalam hubungan suami istri, keraskan ereksi,otot-otot penis jadi kuat,mengobati ejakulasi dini,mengobati lemah syahwat atau impotensi. www.tokojualobatkuatpria.com

alvin mengatakan...

your Article is this very helpful thanks for sharing ...!!!

Unknown mengatakan...

Dla tych, którzy chcą skurczyć Obat Oles Tahan Lama się ze sportem, siedzenie nie jest właściwym wyborem. Obat Benjolan di Vagina ">Sit ups są bardziej odpowiednie, gdy żołądek jest nieznacznie lub już jest mniejszy. Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit Ćwiczenie jest bardzo odpowiednie, Abdul Syukur Herbal aby zmniejszyć bieg brzucha lub biegać. ">Niezależnie od tego, Obat Pelancar Haid czy porusza się w pomieszczeniu ze sprzętem sportowym (bieżnie), czy biegnie na zewnątrz rano lub po południu.

Riko JR mengatakan...

I can only express a word of thanks. Because with the content on this blog I can add knowledge I, thank has been sharing this information. Do not forget to visit our website to share information and knowledge about health.
apotik qnc jelly gamat pangandaran
gudang agen resmi QnC Jelly Gamat
Cara Mengobati kanker payudara
Hopefully, sustenance will be easy and simplified in all matters :-)
OBAT BATU GINJAL ALAMI
obat payudara bengkak
obat penyakit dompo herpes

Jelly Gamat Herbal mengatakan...

Hopefully with the content on this blog, I can add to my insight, thank you |
Cara Mengobati rhinitis |
Cara menghilangkan buras di wajah

dera mengatakan...

obat penghancur benjolan di leher

Riko JR mengatakan...

Thank you for the information, this article is very useful, don't forget to visit our page, to share information about health. thank you
Cara Tradisional Memulihkan Patah Tulang
Cara Mengobati Vertigo
Cara Mengobati Penyakit Herpes
cara Menghilangkan Koreng

QnC Jelly Gamat mengatakan...

thank you for health information, hopefully it will be useful |
cara mudah memesan QnC Jelly Gamat dengan mudah |
QnC Jelly Gamat original terbaik |
cara mudah memesan QnC jelly gamat di toko sapnudin herbal |
cara membeli Qnc jelly gamat di toko sapnudin herbal terpercaya |
pengobatan alami menghancurkan batu empedou tanpa operasi |
cara mengobati asam lambung dengan cepat sampai tuntas

Anonim mengatakan...

TÜL PERDE MODELLERİ
sms onay
turkcell mobil ödeme bozdurma
NFT NASIL ALINIR
Ankara evden eve nakliyat
trafik sigortası
DEDEKTÖR
WEB SİTESİ KURMA
aşk kitapları

Anonim mengatakan...

smm panel
smm panel
iş ilanları
instagram takipçi satın al
hirdavatciburada.com
beyazesyateknikservisi.com.tr
Servis
tiktok jeton hilesi indir

Anonim mengatakan...

tuzla alarko carrier klima servisi
pendik daikin klima servisi
tuzla toshiba klima servisi
tuzla beko klima servisi
çekmeköy lg klima servisi
ataşehir lg klima servisi
ataşehir alarko carrier klima servisi
çekmeköy daikin klima servisi
ataşehir daikin klima servisi

Posting Komentar