Infolinks In Text Ads

kebutuhan pokok untuk mengembangkan kecerdasan

Tiga kebutuhan pokok untuk mengembangkan kecerdasan antara lain adalah kebutuhan

1. FISIK-BIOLOGIS (terutama untuk pertumbuhan otak, sistem sensorik dan motorik), Kebutuhan fisik-biologis terutama gizi yang baik sejak di dalam kandungan sampai remaja terutama untuk perkembangan otak, pencegahan dan pengobatan penyakit-penyakit yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan, dan ketrampilan fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

2. EMOSI-KASIH SAYANG (mempengaruhi kecerdasan emosi, inter dan intrapersonal) Kebutuhan emosi-kasih sayang : terutama dengan melindungi, menimbulkan rasa aman dan nyaman, memperhatikan dan menghargai anak, tidak mengutamakan hukuman dengan kemarahan tetapi lebih banyak memberikan contoh-contoh dengan penuh kasih sayang.

3. STIMULASI DINI (merangsang kecerdasan-kecerdas an lain). Kebutuhan stimulasi meliputi rangsangan yang terus menerus dengan berbagai cara untuk merangsang semua system sensorik dan motorik.

Ketiga kebutuhan pokok tersebut harus diberikan secara bersamaan sejak janin didalam kandungan karena akan saling berpengaruh. Bila kebutuhan biofisik tidak tercukupi, gizinya kurang, sering sakit, maka perkembangan otaknya tidak optimal. Bila kebutuhan emosi dan kasih sayang tidak tercukupi maka kecerdasan inter dan antar personal juga rendah. Bila stimulasi dalam interaksi sehari-hari kurang bervariasi maka perkembangan kecerdasan juga kurang bervariasi.

0 comments:

Posting Komentar