Infolinks In Text Ads

Prinsip Intervensi Keperawatan Keluarga dengan TBC

Prinsip Intervensi Keperawatan Keluarga dengan TBC
Langkah-langkah dalam pengembangan rencana keperawatan keluarga menurut Mubarak (2006), yaitu :
  • Bantu keluarga mengenal tentang TBC dengan cara : jelaskan pengertian TBC, jelaskan penyebab TBC, jelaskan tanda dan gejala TBC.
  • Bantu keluarga mengambil keputusan untuk merawat anggota keluarga dengan TBC, dengan cara : jelaskan komplikasi dari TBC, motivasi keluarga dalam mengambil keputusan untuk merawat anggota keluarga dengan TBC.
  • Bantu keluarga agar mampu merawat anggota keluarga dengan TBC, dengan cara : jelaskan cara mencegah TBC, jelaskan cara perawatan anggota keluarga di rumah dengan TBC, ajarkan cara membuang sputum dengan sputum pot, ajarkan klien tentang diet tinggi kalori dan tinggi protein (TKTP).
  • Bantu keluarga memodifikasi lingkungan dengan cara : ajarkan klien untuk jemur kasur bekas penderita secara teratur 1 minggu 1x, Buka jendela lebar-lebar agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk, ajarkan klien tentang perilaku hidup bersih dan sehat.
  • Bantu klien untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan dengan cara : jelaskan manfaat dari pelayanan kesehatan, motivasi keluarga untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan terdekat.

0 comments:

Posting Komentar