Infolinks In Text Ads

Definisi Post Natal

Post natal artinya suatu periode yang tidak kurang dari 10 atau lebih dari 28 setelah persalinan, dimana selama waktu itu kehadiran yang continue dari bidan kepada ibu dan bayi sedang diperlukan.
Masa nifas dimulai setelah plasenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Masa nifas kurang lebih selama 6 minggu (Syaifuddin, 2002).
Masa nifas dimulai setelah partus selesai dan berakhir setelah kira-kira 6 minggu akan tetapi seluruh alat genetalia baru pulih kembali seperti sediakala dalam waktu 3 bulan (Prawirohardjo, 1991).
Dapat disimpulkan bahwa masa nifas adalah peralihan alat-alat kandungan setelah melahirkan yang berlangsung kira-kira 6 minggu dan kembali seperti keadaan sebelum ada kehamilan memerlukan waktu selama 3 bulan.
Pada masa ini terjadi perubahan-perubahan fisilologi yaitu :
1.    Perubahan fisik
2.    Involusi uterus dan pengeluaran lochea
3.    Laktasi dan pengeluaran ASI
4.    Perubahan system tubuh lainnya
5.    Perubahan psikis

Menurut Mochtar (1998) periode nifas dibagi menjadi 3 :
1.    Early puerperium (puerperium dini)
Kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan. Dalam agama Islam telah bersih dan boleh bekerja setelah 40 hari.
2.    Immediete puerperium (masa nifas pertengahan)
Kepulihan menyeluruh alat-alat genetalia yang lainnya 6-8 minggu

3.    Later puerperium
Waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama bila selama kehamilan atau bersalin mengalami komplikasi, waktu untuk sehat sempurna biasa berminggu-minggu atau bahkan tahunan).

0 comments:

Poskan Komentar