Infolinks In Text Ads

kehamilan abnormal

Pengertian
Beberapa pengertian Mola Hidatidosa :

a. Mola hidatidosa ialah kehamilan abnormal, dengan ciri-ciri stroma villus korialis langka vaskularisasi, dan
edematus. Janin biasanya meninggal, akan tetapi villus-villus yang membesar dan edematus itu hidup dan tumbuh terus; gambaran yang diberikan ialah sebagai segugus buah anggur. Jaringan trofoblast pada villus kadang-kadang berproliferasi ringan kadang-kadang keras, dan mengeluarkan hormon, yakni human chorionic gonadotrophin (HCG) dalam jumlah yang lebih besar daripada kehamilan biasa.

b. Mola hydatidosa adalah tumor yang jinak (benigna) dari chorion.Mola hidatidosa merupakan salah satu dari tiga jenis neoplasma trofoblastik gestasional (ACOG, 1993). Ada dua jenis yang berbeda: komplet atau klasik, mola dan mola sebagian, yang bisa menjadi bagian dari penyakit trofoblastik (DePetrillo, dkk.,1987).

c. Mola Hidatidosa (Hamil Anggur) adalah suatu massa atau pertumbuhan di dalam rahim yang terjadi pada awal kehamilan,

d. Hamil anggur atau mola hidatidosa adalah suatu kehamilan abnormal dimana struktur janin normal tidak terbentuk, hingga yang berkembang hanyalah kantung kehamilan. Pada pemeriksaan USG akan tampak berupa kantung-kantung kecil dalam berbagai ukuran berisi cairan dan darah. Melalui pemeriksaan jaringan (patologi anatomi/PA) baru dapat dipastikan bahwa Ibu benar terkena mola hidatidosa. Dari hasil pemeriksaan patologi anatomi (PA) juga dapat diketahui seberapa berat kelainan yang ada.

e. Mola Hidatidosa ialah kehamilan abnormal, dengan ciri-ciri stroma villus korialis langka vaskularisasi dan edematus.
Perbedaan dengan kehamilan gemmelli :
- Pada kehamilan adanya goyangan anak pada mola tidak ada
- Pada kehamilan adanya DJJ dan pada mola tidak ada
Etiologi
Pada molahidatinosa tidak terjadi deperensiasi tetapi hanya froliferasi sehingga pertumbuhan tidak terkendali pada sel-sel tropoblas yang mana vaskularisasi tidak mencukupi sehingga bagian pinggir akan nekrosis dan keluar menimbulkan gelembung mola (fluksus) yang akhirnya akan mengalami mola abortion.

0 comments:

Posting Komentar