Infolinks In Text Ads

DEMAM pada Infeksi Bakteri

Di antara DEMAM yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada anak, salah satu yang paling sering ditemukan adalah infeksi saluran kemih (ISK). Umumnya tidak disertai dengan gejala lainnya. Risiko paling besar dimiliki bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

Infeksi bakteri yang lebih serius seperti pneumonia atau meningitis (infeksi selaput otak) juga dapat menimbulkan gejala DEMAM. Namun demikian persentasenya tidaklah besar. Dari bayi > 3 bulan dan anak 1-3 tahun dengan DEMAM > 39C, hanya 2% (1–3.6%) saja yang bakterinya sudah memasuki peredaran darah (bakteremia).

Pada golongan usia ini, program imunisasi HiB berhasil menurunkan risiko meningitis bakterial secara sangat signifikan. S. pneumoniae (penyebab utama infeksi bakteri yang cukup serius) hanya ditemukan pada < 2 % populasi. Dan sebagian besar anak dalam golongan usia ini dapat mengatasi S. pneumoniae tanpa antibiotika. Hanya 10 %-nya yang berlanjut menjadi pneumonia yang lebih berat dan 3-6 % menjadi meningitis.

Usia yang menuntut kewaspadaan tinggi orangtua dan dokter adalah usia di bawah 3 bulan. Bayi harus menjalani pemeriksaan yang lebih teliti karena 10 %-nya dapat mengalami infeksi bakteri yang serius, dan salah satunya adalah meningitis. Untuk memudahkan penilaian risiko tersebut, Rochester menetapkan beberapa poin untuk mengidentifikasi risiko rendah infeksi bakteri serius pada bayi yang DEMAM. Kriteria Rochester ini adalah:

    Bayi tampak baik-baik saja
    Bayi sebelumnya sehat :

    Lahir cukup bulan (= 37 minggu kehamilan)
    Tidak ada riwayat pengobatan untuk hiperbilirubinemia (kuning) tanpa sebab yang jelas
    Tidak ada riwayat pengobatan dengan antibiotika
    Tidak ada riwayat rawat inap
    Tidak ada penyakit kronis atau penyakit lain yang mendasari DEMAM
    Dipulangkan dari tempat bersalin bersama / sebelum ibu

Tidak ada tanda infeksi kulit, jaringan lunak, tulang, sendi, atau telinga
Nilai laboratorium sebagai berikut :

    Leukosit 5000 – 15000/µl
    Hitung jenis neutrofil batang 1500/µl
    =10 leukosit/LPB di urin
    = 5 eritrosit (sel darah merah)/LPB pada feses bayi dengan diare

Walaupun diketahui bahwa sebagian besar penyebab DEMAM adalah infeksi virus, namun data menunjukkan bahwa justru sebagian besar tenaga medis mendiagnosisnya sebagai infeksi bakteri. Dalam satu penelitian di Amerika Serikat, persentase ini mencapai 56 %. Dan pada penelitian yang sama masih ditemukan adanya pemberian antibiotik pada DEMAM yang belum jelas diidentifikasi penyebabnya (virus atau bakteri).

0 comments:

Posting Komentar