Infolinks In Text Ads

Neoplasma

Neoplasma jinak ini berasal dari otot uterus dan jaringan ikat yang menumpangnya, sehingga dalam kepustakaan dikenal juga dengan istilah Fibromioma, Leiomioma, ataupun Fibroid.

Berdasarkan otopsi, Novak menemukan 27% wanita berumur 25 tahun mempunyai sarang mioma, dan pada wanita berkulit hitam lebih banyak. Mioma uteri belum pernah (dilaporkan) terjadi sebelum menarche. Setelah menopause hanya kira-kira 10% mioma yang masih tumbuh. Di Indonesia mioma uteri ditemukan 2,39-11,7% pada semua penderita ginekologiyang dirawat.

Percobaan Lipschutz yang memberikan estrogen kepada kelinci percobaan dan ternyata menimbulkan tumor Fibromatosa baik pada permukaan maupun pada tempat lain pada abdomen. Efek Fibromatosa ini dapat dicegah dengan Preparat progesterone atau testosterone.

Tumor ini merupakan jenis tumor uterus yang paling sering, disangka bahwa 20% dari wanita berumur 35 tahun menderita mioma uteri, walaupun tidak disertai gejala-gejala.

Lokasi mioma uteri ada 2, yaitu Cervical (lebih jarang, tetapi bila mencapai ukuran besar dapat menekan kandung kencing, menyebabkan gsnggusn miksi. Juga secara teknik operasinya lebih sukar), dan Corporal

0 comments:

Posting Komentar