Infolinks In Text Ads

CEDERA KEPALA

CEDERA KEPALA

Luka scalp

Scalp memiliki vaskularisasi yang kaya dan sering berdarah banyak setelah laserasi, cepat menimbulkan kehilangan darah yang banyak. Hal ini sangat penting pada anak yang mengalami perdarahan seperti orang dewasa tetapi memiliki volume darah yang berbeda.

Berbeda pada orang dewasa yang jarang mengalami shock karena laserasi scalp, pada anak dapat timbul shock setelah laserasi scalp, maka harus dicari sumber perdarahan lain (seperti perdarahan dari dalam). Walaupun demikian, jangan menganggap remeh terhadap perdarahan akibat luka scalp. Sebagian besar perdarahan scalp dapat dihentikan dengan mudah menggunakan penekanan langsung.

Cedera tengkorak

Tengkorak dapat mengalami fraktur linier non-displaced, fraktur depressed atau fraktur terbuka harus di curigai adanya fraktur tulang tengkorak pada orang dewasa jika terdapat kontusio besar atau bengkak dan memar pada scalp. Sangat sedikit yang dapat dilakukan terhadap cedera ini di lapangan (tempat kejadian) kecuali menghindari penekanan langsung terhadap fraktur depressed yang sudah jelas atau fraktur terbuka. Benda tembus pada tengkorak dibiarkan (jangan dicabut) dan penderita segera diangkat ke ruang emergensi. Jika penderita mengalami luka tembak pada kepala, tanpa adanya luka masuk yang jelas dan luka keluar yang terletak segaris, harus diasumsikan bahwa peluru dapat bergeser dan terperangkap di leher dekat spinal cord.

Curigai adanya child abuse jika anak mengalami cedera kepala tanpa ada penjelasan  sebab yang memadai. Berikan perhatian terhadap tempat kejadian dimana anak tersebut ditolong dan diminta bantuan polisi atau pelayanan sosial jika dari tempat kejadian terdapat kecurigaan adanya child abuse.

0 comments:

Posting Komentar