Infolinks In Text Ads

Sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia

Sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terdiri dari 4 proses utama yaitu Penelanan (Ingesti), Pencernaan (digesti), Penyerapan (absorpsi), Pembuangan (eliminasi). Adapun keempat fungsi pencernaan diatas dilakukan oleh beberapa organ utama tubuh diantaranya :

 * Mulut, sebagai tempat pengambilan dan pemasukan makanan untuk selanjutnya dicerna ke dalam tubuh. Dalam organ mulut ini terjadi proses pencernaan secara mekanis. Bagian dari mulut yaitu :
Mulut
Gigi
Lidah
Kelenjar ludah

* Esofagus, Merupakan sebuah ruang berupa tabung yang terletak setelah mulut. Makanan yan telah dicerna secara mekanis akan melewati saluran esofagus untuk memasuki lambung. Esofagus memiliki otot yang berfungsi dengan gerakan meremas (peristaltik) untuk melakukan fungsi mengalirkan makanan.

* Lambung, sebagai gudang makanan dan tempat terjadinya pencernaan kimiawi yaitu pencampuran makanan dengan enzim pencernaan. Adapun enzim dalam lambung yang berperan dalam pencernaan kimiawi adalah enzim pepsis, rennin dan lipase.

* Usus halus, merupakan saluran panjang setelah lambung yang berfungsi untuk menyerap sari makanan yang akan dirubah menjadi energi yang digunakan untuk kelangsungan kerja tubuh.

* Kelenjar pankreas, merupakan kelenjar pencernaan dalam tubuh yang berfungsi untuk menghasilkan hormon insulin untuk mengakur kadar keasaman gula dalam darah.

* Hati/Hepar, Merupakan organ terbesar dalam tubuh yang berfungsi untuk menhasilkan cairan empedu yang akan membunuh kuman dan racun pada organ pencernaan bagian atas(lambung).

* Usus besar, Merupakan usus lanjutan dari usus halus yang berfungsi untuk menyerap makanan dan air, serta merubah sisa pencernaan menjadi fases. Adapun bagian-bagian dari usus besar diantaranya :

Seikum
Kolon Asendens
Appendiks (usus buntu)
Kolon Transversum
Kolon Desendens
Kolon Sigmoid. Rektum
Anus

0 comments:

Posting Komentar