Infolinks In Text Ads

Aspek Kedokteran Sosial

Aspek Kedokteran Sosial
1. Anatomi Sosial
Merupakan komponen sosial yang terdapat di dalam suatu masyarakat yang terdiri dari piramida penduduk berupa kelompok umur, jenis kelamin, rasio ketergantungan (dependency ratio) dan kepadatan penduduk, urbanitasi, kegiatan perekonomian, perindustrian, perumahan, sanitasi lingkungan, status sosial, pendapatan per kapita, cuaca dan iklim, irigasi, kota dan pedesaan, stok pangan serta lainnya yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan kesehatan.

2. Fisiologi Sosial
Merupakan fungsi sosial yang ada pada masyarakat, antara lain status respirasi, digestif, asimilasi, eksresi, reproduksi, pertumbuhan dan koordinasi antara sesama masyarakat.

3. Patologi Sosial
Merupakan studi sistematis terhadap masalah-masalah yang terjadi, yang menghubungkan antara penyakit pada manusia dan kondisi sosial, ekonomi, budaya, lingkungan dan lainnya yang terdapat di masyarakat.

4. Terapi Sosial
Bukan tindakan medis tetapi berupa tindakan dan kemauan politis untuk mengubah situasi dan kondisi sosial, ekonomi dan lainnya pada masyarakat menjadi lebih baik dan kondusif.

0 comments:

Posting Komentar