Infolinks In Text Ads

Cara Memilih Tempat Melahirkan Yang Tepat Dan Nyaman

Di Rumah Sakit
Sebagian besar wanita di Amerika Utara melahirkan di rumah sakit, institusi ini memberikan layanan yang sangat bervariasi, juga sikap stafnya terhadap pasien dan filosofi perawatannya. Tergantung pada asuransi kesehatan dan tempat Anda tinggal, Anda bisa saja tidak mempunyai untuk melahirkan di rumah sakit. Jika Anda bisa rnemilih, Anda seharusnya mencoba mengenal beberapa rumah sakit, meninjaunya, dan dengan cermat memilih satu yang paling memenuhi kebutuhan Anda.

Rumah sakit yang memberikan perawatan maternitas yang berorientasi keluarga umumnya luwes dan responsif terhadap kebutuhan ibu dan keinginan keluarganya. Sebagian besar rumah sakit menyediakan kamar perawatan tempat ibu hamil akan menjalani persalinan, melahirkan, dan perawatan dengan tetap didampingi pasangan maupun bayinya sampai dia pulang. Kamar perawatan melahirkan ini biasanya mempunyai perabot yang nyaman, televisi, dan perlengkapan lain. Banyak kamar perawatan modern atau yang direnovasi dilengkapi dengan bak mandi atau Jacuzzi. Beberapa rumah sakit mempunyai kebun atau area tempat pasien dapat berjalan-jalan atau duduk-duduk selama persalinan. Beberapa rumah sakit mempunyai staf yang dengan bangga memberikan layanan yang bersifat individual untuk para pasiennya, sementara rumah sakit lain mempunyai staf yang menjalankan protokol yang lebih kaku dan rutin yaitu memberikan perawatan yang sama untuk semua pasien dan kurang atau bahkan tidak memberikan kesempatan pada pasien untuk menyatakan kebutuhan baik bagi dirinya maupun si bayi.

Meskipun semua rumah sakit mengetahui manfaat dari perbandingan pasien dengan perawat yang rendah, tidak semuanya menjamin bahwa Anda akan mendapat perawatan saw berbanding satu selama persalinan aktif. Anda barangkali perlu menanyakan kebijakan pembagian staf dari masing-masing rumah sakit untuk wanita dengan kehamilan risiko rendah dan tinggi saat persalinan. Seberapa sering para wanita ini harus tergantung pada perawat “mengambang” yaitu perawat yang bertugas di beberapa bagman sekaligus dan barangkali tidak ber¬pengalaman dalam perawatan ibu hamil? Seberapa sering rumah sakit itu menggunakan tenaga perawat praktik atau asisten perawat di mana secara hukum keduanya mempunyai lingkup tugas yang terbatas.

Jika Anda menginginkan atau membutuhkan bius epidural, mencari tabu mengenai siapa yang akan memberikan pembiusan itu—seorang perawat anestesi atau ahli anestesi—penting untuk Anda. Perawat anestesi adalah perawat bcrijazah dengan tambahan pelatihan khusus dalam pemberian bius. Ahli anestesi adalah dokter yang mempunyai spesialisasi dalam memberikan dan mempertaliankan pembiusan serta pemulihan. Anda tidak dapat memilih siapa yang akan memberikan pembiusan (siapa yang dipanggil bertugas pada saat Anda mcmbutuhkan pembiusan adalah orang yang akan rnelakukan bius), tetapi Anda dapat mencari tahu kredibilitas dari para staf pembiusan yang bekerja pada rumah sakit yang Anda pilih.

Rumah sakit juga memberikan layanan perawatan maternitas yang sangat bervariasi dari perawatan dasar untuk wanita yang sehat, berisiko rendah dan mengalami kehamilan normal sampai perawatan lanjutan (tersier) yang memastikan tersedianya perawatan intensif untuk wanita dengan kehamilan yang sangat terkomplikasi atau untuk bayi yang tidak sehat. Jika Anda mempunyai kehamilan yang bermasalah atau jika diperkirakan akan timbul komplikasi selama persalinan atau melahirkan, Anda membutuhkan rumah sakit yang rnenyediakan perawatan tersier dengan layanan kandungan, pembiusan, bank darah, dan laboratorium lengkap tersedia dua puluh empat jam setiap hari

Cara paling efisien untuk mencari tahu tentang prosedur dan kebijakan setiap rumah sakit (disebut “rutinitas”) adalah menanyakannya sementara Anda melihat-lihat rumah sakit tersebut. Anda juga dapat mendiskusikan hal itu dengan dokter yang merawat Anda, karena instruksi dokter atau bidan akan menentukan perawatan yang Anda terima sewaktu Anda di rumah sakit (lihat Bab 7, rencana melahirkan untuk mengetahui rincian khusus yang perlu diperiksa sewaktu membandingkan rumah sakit). Mengetahui filosofi, kebijakan, dan layanan dari masing-masing rumah sakit yang akan Anda pilih akan membantu Anda menentukan pilihan dengan bijaksana. Anda akan mengerahui apakah perubahan perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan individual Anda, atau setidaknya Anda tahu apa yang akan Anda hadapi.

Tinjauan ke Rumah Sakit
Sebagian besar bagian kebidanan rumah sakit menyediakan jadwal kunjungan yang teratur. Untuk mengetahui hal-hal khusus, hubungi bagian edukasi prakelahiran dari rumah sakit tcrsebut atau unit persalinan dan melahirkan. Kunjungan yang terjadwal seringkali dipimpin oleh seorang sukarelawan. Beberapa rumah sakit menyelenggarakan kunjungan pribadi jika ada perawat yang dapat ditugaskan untuk mengantar calon pasien berkeliling. Untuk jenis rumah sakit ini, Anda sebaiknya menghubungi per telepon jika Anda ingin berkunjung untuk mengetahui apakah ada perawat yang dapat mendampingi Anda. Kunjungan biasanya mencakup melihat kamar melahirkan yang kosong, kamar pasca melahirkan disediakan tempat yang terpisah, dan tempat menunggu untuk keluarga. Anda biasanya tidak diperbolehkan melihat ruangan tempat pembedahan Caesar. Perawat yang mempimpin kunjungan tersebut akan membicarakan beberapa rutinitas dan kebijakan umum dan memberi Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Jika orang yang mendampingi Anda tidak dapat menjawab beberapa pertanyaan tersebut, tanyakan kepadanya siapa yang dapat Anda hubungi. Jawaban mereka akan memberikan pada Anda ide yang lebih baik tentang apa yang mungkin Anda hadapi di rumah sakit( dan seberapa luwes dan terampilnya staf rumah sakit dalam memberikan perawatan untuk diri Anda. Pada beberapa kota, ada informasi tertulis yang menjawab beberapa pertanyaan di atas yang diterbitkan oleh lembaga konsumen atau rumah sakit itu sendiri.

Di luar Rumah Sakit
Sejumlah kecil wanita dengan kehamilan risiko rendah di Amerika Utara melahirkan di luar rumah sakit, misalnya di klinik, rumah bersalin, atau di rumah dengan bantuan bidan atau dokter. Di tempat-tempat ini, biasanya rutinitas dan peralatan medis yang tersedia lebih sedikit karena hal itu umumnya tidak diperlukan untuk persalinan normal dan tidak terkomplikasi. Biaya dari perawatan semacam ini biasanya lebih rendah dibanding biaya rumah sakit.

Pada persalinan bukan di rumah sakit, Anda kemungkinan tidak akan membutuhkan intervensi medis seperti infus, obat-obatan, dan alat pemantau janin elektronik (Hat Bab 10 tentang obat-obatan). Karena sulit mendapatkan intervensi tersebut jika hal itu dibutuhkan atau diinginkan, sepanjang kehamilan pemberi perawatan yang merawat Anda akan memeriksa dengan teliti tanda-tanda masalah. Anda akan dirujuk ke rumah sakit jika ada tanda bahaya seperti kenaikan tekanan darah, perdarahan, kadar gula darah yang tinggi, protein dalam air kemih, anemia, masalah dengan janin, atau kontraksi persalinan yang prematur. Bahkan dengan perneriksaan kehamilan yang cermat, 15-27% wanita yang berkeinginan melahirkan tidak di rumah sakit, pada akhirnya dirujuk ke rumah sakit selama persalinan atau pasca melahirkan karena masalah yang dinilai membutuhkan intervensi obstetri.2 Sebagian besar rujukan selama persalinan dilakukan karena keadaan nonkedaruratan seperti persalinan yang lama, ada mekonium dalam cairan amnion, atau pembukaany yang berlangsung terlalu lama—situasi saat prosedur atau obat akan membantu atau diperlukan, tempat tidak darurat untuk keselamatan bayi atau si ibu.

Untuk sebagian besar wanita risiko rendah dengan perawatan kehamilan yang baik, hasil yang diperoleh dengan melahirkan di tempat lain bukan di rumah sakit adalah sama baiknya dengan jika melahirkan di rumah sakit. Rujukan darurat sangat jarang untuk para wanita yang menjalani pemeriksaan yang cermat dan yang mempunyai kehamilan normal, tanpa masalah. Kondisi penting yang dapat muncul tanpa terduga dan berbahaya selama persalinan dan yang membutuhkan tindakan medis segera mencakup prolaps uterus (jika cord keluar dari rahim sebelum melahirkan), perdarahan, dan janin kekurangan pasokan oksigen selama persalinan (akibat perdarahan, kompresi cord, dan faktor lain). Sesudah melahirkan, alasan utama yang mengharuskan dilakukannya rujukan darurat adalah perdarahan

0 comments:

Poskan Komentar