Infolinks In Text Ads

faktor faktor penyebab kesulitan pencabutan Gigi

Penggunaan kaca pembesar dan viewer box amat membantu interpretasi dan memungkinkan faktor-faktor penyebab kesulitan pencabutan dibawah ini dapat dideteksi:
1. Kelainan jumlah akar gigi.
2. Kelainan bentuk akar gigi.
3. Pola akar yang tidak menguntungkan.
4. Karies yang meluas ke akar gigi atau ke massa akar.
5. Fraktur atau resorpsi akar gigi.
6. Hipersementosis akar gigi.
7. Ankilosis.
8. Geminasi.
9. Gigi impaksi.
10. Sklerosis tulang dan lesi patologis.

Meskipun amat mudah mendiagnosis daerah tempat sklerosis tulang secara radiografis, gambaran akurat dari sklerosis tulang menyeluruh hanya mungkin terlihat bila digunakan teknik pemotretan dan cara proses foto yang telah baku. Petunjuk yang meskipun kurang akurat, tapi dapat dipakai, adalah berdasarkan pada ukuran ruangan tulang spongiosa yang terlihat pada gambaran radiografi. Ruangan yang besar biasanya ditemukan pada tulang yang elastis, dimana ruangan kecil yang dikelilingi oleh trabekula yang tebal dan radiopak menunjukkan sklerosis tulang.

Interpretasi radiografi secara cermat juga dapat menunjukkan kemungkinan komplikasi di bawah ini.
1. Keterlibatan, dan kerusakan pada saraf alveolaris inferior dan saraf mentalis.
2. Terjadinya hubungan oro-antral atau oro-nasal.
3. Tetap adanya lesi patologis dalam tutang.
4. Masuknya gigi atau akar gigi ke dalam sinus maksilaris.
5. Fraktur tuber maksilaris.

Sekali kesulitan dan kemungkinan komplikasi terdiagnosis, metode pencabutan gigi yang akan digunakan dapat diputuskan, dan jenis anastesi yang akan dipakai sudah bisa mulai dipikirkan.
Istilah ‘analgesia’ dan ‘anastesi’ sering digunakan secara tidak tepat, seolah kedua kata tersebut merupakan sinonim. Analgesia adalah hilangnya rasa sakit tanpa kehilangan sensasi indera lainnya (seperti terhadap temperatur dan tekanan). Anastesi adalah kehilangan semua bentuk kesadaran, dan sering disertai dengan hilangnya fungsi motorik.

Anastesi atau analgesia yang dapat mempengaruhi hanya sebagian tubuh dikenal sebagai anastesi atau analgesia lokal. Jika seluruh tubuh terpengaruh, istilah anastesi atau analgesia umum dapat digunakan. Istilah anastesi lebih disukai daripada analgesia di dalam pencabutan gigi.

0 comments:

Posting Komentar