Infolinks In Text Ads

Fungsi Darah

Ringkasan Fungsi Darah
(1) Bekerja sebagai sistem transpor dari tubuh, mengantarkan semua bahan kimia oksigen dan zat makanan yang diperlukan untuk tubuh supaya fungsi normalnya dapat dijalankan, dan menyingkirkan karbon dioksida dan hasil buangan lain.

(2) Sel darah merah mengantarkan oksigen ke jaringan dan menyingkirkan sebagian dari karbon dioksida.

(3) Sel darah putih menyediakan banyak bahan pelindung dan karena gerakan fagositosis dari beberapa sel maka melindungi tubuh terhadap serangan bakteri.

(4) Plasma membagi protein yang diperlukan untuk pembentukan jaringan: menyegarkan cairan jaringan karena melalui cairan ini semua sel tubuh menerima makanannya. Dan merupakan kendaraan untuk mengangkut bahan buangan ke berhagai organ exkretorik untuk dibuang.

(5) Hormon dan enzim diantarkan dari organ ke organ dengan perantaraan darah.

Semua jaringan memerlukan persediaan darah yang memadai, yang tergantung kepada tekanan darah arteri normal yang dipertahankan. Dalam sikap rebahan, tekanan darah dalam tubuh adalah merata. Tetapi dalam sikap duduk atau berdiri, darah yang ke otak harus dipompa ke atas.

Khususnya otak memerlukan persediaan darah yang mencukupi dan teratur. Bila otak tidak menerima darah selama lebih dari 3 sampai 4 menit. maka akan terjadi perubahan-perubahan yang tak dapat pulih kembali, dan beberapa sel otak akan mati. Demikianlah pada waktu jantung berhenti karena sesuatu sebab perlu diberikan pertolongan yang segera agar jantung bergerak kembali juga dalam keadaan pingsan biasa, seperti yang disebabkan oleh tegangan emosionil atau fisik, turunnya tekanan darah mengurangi persediaan darah pada otak. Maka penting untuk merendahkan kepala pasien, atau kalau duduk, menekankan kepalanya ke depan antara lututnya, atau lebih baik lagi merebahkannya ke lantai.

0 comments:

Posting Komentar