Infolinks In Text Ads

Gangguan pada bayi prematur

Gangguan pada bayi prematur
Organ tubuh bayi prematur umumnya belum dapat bekerja secara sempurna. Hal ini mengakibatkan bayi prematur sulit menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim sehingga ia pun mengalami banyak gangguan. Semakin dini ia dilahirkan semakin banyak organ tubuhnya yang belum slap, dan semakin banyak pula gangguan yang akan dialami.

Gangguan kesehatan yang dialami bayi prematur cukup rentan dan bisa mengancam jiwanya. Ancaman yang paling berbahaya adalah kesulitan bernapas. Hal ini akibat paru-paru serta seluruh sistem pernapasannya, seperti otot dada dan pusat pernafasan di otak, belum dapat bekerja secara sempurna.

Karena lapisan lemak yang masih tipis, bayi prematur juga tidak memiliki perlindungan yang cukup dalam menghadapi suhu luar yang memang lebih dingin dibanding suhu dalam rahim ibu. Bayi prematur akan lebih sering mengalami penurunan suhu tubuh dibawah normal (hipotermia). Selain itu, mekanisme pengontrol suhu tubuh bayi prematur memang belum mampu bekerja sempurna sehingga meski di dalam ruang yang bersuhu normal pun, bayi sering mengalami kedinginan.

Hati dan ginjal bayi prematur juga belum siap bekerja secara sempurna. Hati (lever) bertugas mengolah zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh sekaligus penawar racun (detoksifikas). Sedangkan ginjal, bertugas mengatur dan mengolah pembuangan di dalam tubuh. Karena hati dan ginjal bayi prematur belum sempurna kerjanya, maka semua pemasukan dan pengeluaran pada tubuh bayi prematur harus benar-benar diperhatikan. Bila tidak, kedua organ ini akan rusak dan bayi semakin rentan terhadap penyakit.

Bayi prematur juga mudah mengalami pendarahan di otak. Hal ini akibat pembuluh darah yang masih sangat halus dan mudah pecah bila kekurangan zat asam atau kedinginan. Sementara pendarahan di otak kelak dapat menimbulkan gangguan perkembangan, misalnya keterlambatan dalam perkembangan motorik seperti lambat berjalan, maupun kognitif seperti lambat bicara, dan sebagainya.

0 comments:

Posting Komentar