Infolinks In Text Ads

Pengertian Dan Contoh Gurun Tropik dan Subtropik

Gurun Tropik dan Subtropik
Hutan ini terdapat di pinggiran gurun yang memiliki curah hujan antara 20-50 cm/tahun. Suhu berubah-ubah, tetapi tetap panas di semua musim karena teriknya matahari. Batuannya terdiri atas kerikil, pasir, bukitbatu, dan cadas. Terdapat semak kerdil setengah gurun dan bersifat xeromorfik. Tumbuhannya antara lain akasia (Acacia), tumbuhan suku lentis, seperti kaktus dan E,uphorbia, Agave (semacam nenas), Aloe, dan Yucca,

Pada umumnya, tumbuhan di daerah tersebut berduri atau berambut lebat, berakar terpencar luas, dan panjang. Fenomena tersebut tampak di barat daya Amerika Serikat, Meksiko, sepanjang kaki pegunungan Andes, di pinggiran Sahara Afrika, dan pinggiran Gurun Australia. Keadaan ini terdapat pada sisi gurun panas ke arah khatulistiwa. Adapun pada sisi gurun arah lintang tinggi, seperti Gurun Gobi biasanya dibatasi oleh stepa.

Pada wilayah yang lebih kering, tingkat curah hujan kurang dari 20 cm/tahun, kelembapan antara 5-50%, atmosfer sangat cerah, matahari panas dan terik, serta awan sangat kurang. Pada malam hari, udara kadang-kadang sejuk dan siang hari sangat panas. Kadang-kadang tidak terjadi hujan beberapa bulan atau tahun.

0 comments:

Poskan Komentar