Infolinks In Text Ads

Pengertian DVT (Deep Vein Thrombosis)

DVT adalah penyebab utama kematian selama hamil

Salah satu komplikasi kehamilan yang paling mencemaskan adalah deep vein thrombosis (DVT), yaitu ketika gumpalan-gumpalan darah terbentuk pada vena-vena besar di tungkai kaki dan panggul. Di negara-negara maju, DVT adalah penyebab utama kematian selama hamil.

Mengapa DVT terjadi? Darah yang mengalir di vena Anda selama kehamilan meningkat, dan relaksin melemaskan vena-vena tersebut. Ketika tekanan rahim mengurangi aliran darah yang kembali ke jantung dari kaki, darah menggenang dan berhenti mengalir. Karena meningkatnya kehadiran fibrinogen dan faktor-faktor penggumpal darah, darah lebih rentan untuk menggumpal. Anda bisa membantu mengurangi risiko penggumpalan darah di tungkai kaki dengan mengenakan compression stocking untuk memaksa darah kembali ke atas dan dengan mengangkat kaki bawah Anda lebih tinggi daripada jantung Anda.

Jika Anda melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil atau pesawat terbang, berhentilah atau berdirilah setiap kurang-lebih satu jam, atau berjalan-jalan, untuk menjaga darah tetap beredar ke kedua kaki Anda. Jika Anda berisiko terserang DVT (atau Anda pernah menderita DVT atau penggumpalan darah, pernah keguguran atau bayi lahir meninggal, atau ada sejarah keluarga), Anda bisa melakukan uji thrombophilia sebuah kondisi genetik yang membuat Anda rentan terserang penggumpalan darah. Jika hasil tes Anda positif, dokter Anda dapat meresepkan suntikan-suntikan heparin untuk mengurangi risiko penggumpalan darah.

0 comments:

Poskan Komentar