Infolinks In Text Ads

Pengertian geologi

Pengertian geologi - Geologi secara etimologis berasal dari padanan dua kata bahasa yunani yaitu geo yang berarti bumi dan logos yang berarti ilmu. Dari kedua kata diatas maka dapat disimpulkan bahwa geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara fisik, termasuk komposisi dan bentuk bumi. Oleh sebab itu, tanah dan batuan merupakan objek utama yan dipelajari dalam ilmu geologi.

geologi bumi
Ruang lingkup objek ilmu geologi
Dalam proses memahami bentuk bumi, objek yang dipelajari dalam ilmu gologi terbagi atas :
* Atmosfer, merupakan lapisan udara yang menyelubungi Bumi
* Hidrosfer, merupakan lapisan air yang berada di permukaan Bumi
* Biosfer, merupakan Lapisan tempat makhluk hidup
* Lithosfer, merupakan lapisan batuan penyusun Bumi

Cabang spesifik ilmu gologi
Karena ilmu geologi memiliki cakupan yang luas, maka geologi sendiri terbagi atas beberapa cabang sesuai dengan objek pendalamannya. Percabanan ilmu geologi dibagi menjadi :

* Mineralogi, yaitu ilmu yang mempelajari mineral, berupa pendeskripsian mineral yang meliputi warna, kilap, goresan, belahan, pecahan dan sifat lainnya.

* Petrologi, yaitu ilmu yang mempelajari batuan, didalamnya termasuk deskripsi,klasifikasi dan originnya.

 * Sedimentologi, yaitu ilmu yang mempelajari batuan sediment, meliputi deskripsi, klasifikasi dan proses pembentukan batuan sediment.

 * Stratigrafi, yaitu ilmu tentang urut-urutan perlapisan batuan, pemeriannya dan proses pembentukannya.

 * Geologi Struktur, adalah ilmu yang mempelajari arsitektur kerak bumi dan proses pembentukannya.

 * Palentologi, yaitu ilmu yang mempelajari aspek kehidupan masa lalu yang berupa fosil. Paleontology berguna untuk penentuan umur dan geologi sejarah.

 * Geomorfologi, yaitu ilmu yang mempelajari bentuk bentang alam dan proses-proses pembentukan bentang alam tersebut. Ilmu ini berguna dalam menentukan struktur geologi dan batuan penyusun suatu daerah.

 * Geologi Terapan, merupakan ilmu-ilmu yang dikembangkan dari geologi yang digunakan untuk kepentingan umat manusia, diantaranya Geologi Migas, Geologi Batubara,Geohidrologi, Geologi Teknik, Geofisila, Geothermal dan sebagainya.

0 comments:

Posting Komentar