Infolinks In Text Ads

Penyebab bayi kuning

Penyebab bayi kuning
Kuning yang bersifat fisiologis/normal karena hati bayi yang belum sempurna. Kuning ini sering timbul ketika bayi berusia sekitar 3 hari, biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam 7-10 hari. Sifatnya hanya sementara.

Ketidakcocokan rhesus (rhesus incompatibility) biasanya antara ibu dengan Rh (-) dan bayi dengan Rh (+). Sekarang jarang terjadi karena biasanya sudah terdiagnosis dan diobati saat kehamilan (prenatal).

Ketidakcocokan golongan darah, yang biasa disebut inkompatibilitas ABO dalam sistem golongan darah ABO. Yaitu ibu bergolongan darah 0 dengan bayi bergolongan darah A atau B.

G6PD defisiensi yaitu kekurangan enzim G6PD, enzim yang membantu memperkuat dinding sel darah merah, sehingga sel darah merah akan lebih mudah pecah sehingga bilirubin lebih banyak diproduksi. Semua bayi baru lahir biasanya akan diperiksa adanya G6PD defisiensi, karena kondisi ini bersifat menetap.

ASI yang mengandung zat yang memperlambat pemecahan bilirubin, tapi ini bersifat sementara, setelah liver lebih sempurna akan dapat teratasi dengan baik.

Penyebab yang jarang terjadi tapi memerlukan tindakan medis segera, yaitu karena kelainan bawaan, infeksi bakteri atau virus, keracunan obat, dan lainnya.

0 comments:

Poskan Komentar