Infolinks In Text Ads

Rangkaian Gejala Penyakit Jantung

Rangkaian Gejala Penyakit Jantung
Rangkaian penyebab terjadinya penyakit jantung bersifat multifaktorial. Arteriosklerosis diyakini sebagai rangkaian pertama penyebab penyakit jantung. Berikut urutan gejala terjadinya penyakit jantung.

Pembentukan Plak
Plak adalah substansi lemak dalam darah (seperti kolesterol) yang sering terbentuk di dalam dan di sekitar otot polos arteri. Akibat pembentukan plak terjadi hambatan dalam pembuluh darah yang menghalangi aliran darah. Plak arteriosklerosis dapat menutup sebagian atau seluruh rongga arteri yang terkena dan menyebabkan arteriosklerosis.

Angina
Plak dari kolesterol menyebabkan aliran darah yang kaya oksigen ke jantung menjadi terhambat sehingga otot jantung mengalami angina. Angina adalah rasa nyeri pada otot jantung yang disebabkan terjadinya penyumbatan (penyempitan) lebih dari 50% pada arteri koroner. Sinyal berupa nyeri (angina) ini akan dikeluarkan ketika terjadi serangan jantung iskemia.

Angina Pektoris
Gejala penyakit jantung koroner seperti rasa nyeri atau sesak di dada hanya dirasakan oleh sepertiga penderita. Rasa nyeri ini terasa pada dada bagian tengah, kemudian menyebar ke leher, dagu, dan lengan. Rasa nyeri tersebut akan hilang beberapa menit kemudian. Namun, gejala seperti ini sering tidak disadari oleh penderita dan sulit dibedakan apakah ini merupakan serangan jantung atau bukan. Umumnya orang merasakan hal tersebut seperti “tidak enak badan” saja. Gejala lainnya adalah rasa tercekik (angina pektoris). Kondisi seperti ini timbul secara tak terduga dan hanya timbul jika jantung dipaksa bekerja keras, misalnya fisik dipaksa bekerja keras atau mengalami tekanan emosional.

Serangan Jantung
Serangan jantung terjadi jika ada hambatan total pada arteri koroner. Serangan jantung tidak seperti angina karena berlangsung lebih lama. Rasa nyerinya lebih berat dan tidak hilang dengan istirahat ataupun obat. Serangan jantung mengakibatkan kerusakan otot jantung yang permanen.

0 comments:

Posting Komentar