Infolinks In Text Ads

Tips Cara Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar

1. Jangan membawa beban berat. Kondisi ibu masih lemah, belum begitu pulih, dan rasa nyeri pasca operasi masi terasa. Setelah 1 bulan, kondisi ibu akan membaik jika dibarengi dengan istirahat dan makan yang baik.

2. Hadapi masa nifas dengan tenang dan nyaman. Masa nifas adalah masa setelah melahirkan hingga 6 minggu.Tetapi ibu baru akan pulih sempurna seperti sebelum hamil setelah 3 bulan. Untuk memulihkan keadaan fisik dan psikis hingga keadaan normal, harus diimbangi dengan makan bergizi, olah raga, dan istirahat yang cukup.

3. Jangan berhubungan seks terlebih dulu. Tubuh kita butuh waktu untuk pulih, begitu pula organ seksual. Tunggulah dulu 4-6 minggu pasca melahirkan.

4. Banyak bergerak setelah memungkinkan. Lakukan secara bertahap dan ini akan membantu mempercepat proses pemulihan.

5. Minta bantuan untuk bergantian menjaga si kecil.

6. Minum teh peppermint hangat untuk mengatasi perut kembung.

7. Istirahat cukup, minimal harus tidur 8 jam sehari untuk memulihkan kondisi.

8. Minumlah yang cukup, supaya tidak sembelit pasca melahirkan.

9. Minta saran dari bidan atau perawat untuk posisi menyusui yang nyaman.

10. Jangan panik jika keringat berlebih. Menyusui akan merangsang pengeluaran hormon oksitosin untuk konstraksi otot rahim agar mengecil. Sehinggal ini membuat otot jantung memompa lebih kuat seperti olah raga hingga berkeringat.

11. Mulai berlatih otot panggul bawah segera setelah memungkinkan (jangan lupa untuk minta ijin dari dokter).

12. Mungkin saja kita akan moody. Kehamilan dan persalinan menyebabkan perubahan fisik dan psikologis ibu. Bagi beberapa wanita, bahkan bisa menimbulkan trauma psikologis hebat hingga rnenimbulkan masalah kejiwaan. Sehingga dibutuhkan obat-obatan dan terapi psikologis untuk menyembuhkannya. Jadi, jika kita mulai menangis, sangat lelah, atau perasaan lain yang mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun psikolog.

13. Rawat bekas luka jahitannya dengan selalu menjaga kebersihan luka dengan memberinya cairan antiseptic, mandi teratur dan membersihkan daerah kemaluan setelah BAB atau BAK dengan baik. Jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan infeksi pada bekas luka.

14. Jangan risau jika bekas luka terasa kencang dan gatal. Proses penyembuhan luka mengakibatkan luka terasa kencang dan gatal. Lebih baik luka cukup dibersihkan saja.

0 comments:

Posting Komentar