Infolinks In Text Ads

Tips Cara Membersihkan Telinga Mata Dan Hidung Pada Bayi

Membersihkan mata bayi
Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Gunakan kapas bulat lembut yang dicelupkan dengan air matang hangat lalu peras kelebihan airnya. Usaplah mata bayi yang tertutup secara lembut mulai dari bagian dalam mata (dekat hidung) ke arah luar, dan gantilah kapas setiap kali usapan, untuk mencegah penyebaran kuman. Lalu keringkan mata dengan tisu atau kain lembut.

Membersihkan hidung
Kotoran pada hidung dibersihkan bila sudah tampak pada tepi cuping hidung. Caranya, basahi kapas bertangkai (cotton bud) dengan air hangat matang, lalu angkat kotoran tersebut.

Membersihkan telinga
Bersihkan hanya bagian belakang, luar, dan sekitar daun telinga secara hati-hati, dengan kapas bertangkai yang dibasahi air hangat matang atau washlap dengan air hangat, lalu keringkan.

Jangan pernah membersihkan bagian dalam telinga bayi karena sebenarnya serumen (cairan Jilin telinga) adalah normal dan merupakan bagian dari sistem telinga untuk mempertahankan diri dari masuknya kotoran dan debu serta melindungi gendang telinga bayi. Cairan Jilin ini akan keluar dengan sendirinya, sehingga Anda cukup membersihkan bagian luar telinga saja. Membersihkan telinga sampai bagian dalam juga dapat mengakibatkan serumen yang telah bercampur dengan debu/kotoran justru akan terdorong masuk ke bagian telinga dalam di sekitar gendang telinga, yang bila terjadi berulang kali akan menyebabkan kotoran terkumput dan mengeras sehingga menghalangi gendang telinga untuk menangkap getaran suara dari luar.

0 comments:

Posting Komentar