Infolinks In Text Ads

Tips menyusui di tempat Umum

Berbeda dengan sangkaan kebanyakan orang, menyusui di tempat umum sebenarnya tidak akan menampilkan payudara anda samasekali. Kok bisa? Sebab, badan dan kepala bayi anda akan menutupi bagian badan yang terbuka. Yang kelihatan di mata orang awam adalah seperti anda sedang menggendong bayi di pangkuan saja. Kebanyakan orang tidak tahu saya sedang menyusui, padahal orang tersebut duduk kurang dari dua meter di depan saya.

Step-by-step yang saya lakukan adalah:

    Letakkan bayi dalam posisi menggendong
    Angkat baju dari bawah (pinggang/perut) seminimal mungkin menggunakan tangan yang bebas. Tidak perlu melepas semua kancing atau membuka seluruh baju
    Sementara satu tangan menggendong bayi, tangan yang bebas masukkan ke dalam baju untuk menurunkan BH untuk mengeluarkan puting. Jika menggunakan BH menyusui tinggal dilepas saja “pintu” BH-nya, sementara jika menggunakan BH biasa akan lebih mudah untuk menarik cawan (cup) BH ke bawah daripada ke atas. Tidak perlu melepas BH dari kait utamanya.
    Bungkukkan badan anda sedikit ke depan supaya payudara anda tidak terlihat dan tertutupi oleh badan / kepala bayi
    Sorongkan puting ke mulut bayi, dan sudah selesai, anda bisa kembali ke postur duduk biasa.
    Kalau bayi anda melepas hisapan, cukup bungkukkan badan anda dan tutupi payudara dengan sedikit kain baju.

Memang perlu latihan, tetapi semakin sering dilakukan anda akan semakin berpengalaman. Yang sulit adalah menurunkan cawan BH itu dan menyorongkan puting ke bayi. Pada awal-awal bayi baru lahir, memang sulit karena masih kaku, sehingga kalau saya dulu kadang di kamar saja tanpa mengenakan BH. Tapi, males kan kalau menyusui harus di kamar melulu? Jadinya pelan-pelan saya latihan di rumah, dan setelah lumayan bisa, saya pergi dulu ke tempat umum yang agak sepi (misalnya Kebun Raya Singapura, banyak tempat tersembunyi). Setelah lebih ahli saya jadi lebih berani untuk menyusui di tempat yang banyak orang. Bahkan di meja restoran saat sedang makan dengan teman-teman pun berhasil dilakukan tanpa harus pindah ke tempat tersembunyi. Intinya adalah, makin sering anda menyusui, makin ahlilah anda!

Berikut adalah tips dari pengalaman saya bagaimana supaya menyusui di depan umum tanpa memperlihatkan bagian tubuh

    Pakailah baju yang agak longgar dan model kainnya jatuh. Kaos bisa juga, tapi jangan terlalu ketat.
    Jangan pakai baju yang menerus seperti rok terusan sebab anda akan perlu menarik baju tersebut dari bawah
    Kalau anda memakai jilbab panjang lebih gampang lagi menutupi menyusui dengan ujung jilbab anda
    Kalau anda masih juga was-was, anda bisa bawa selendang atau pashmina yang bisa dikenakan dalam keadaan darurat.

0 comments:

Posting Komentar