Infolinks In Text Ads

Cara Penanganan sinusitis

Pada sinusitis akut, biasanya dokter akan memberikan terapi antibiotik selama 3 minggu untuk membersihkan infeksi sinus. Pemeriksaan kultur tenggorok perlu untuk melihat pola kuman dan daya tahan terhadap antibiotik. Obat nasal decongestant atau nasal spray juga akan diberikan, ditambah dengan pemberian pemanasan (diatermi) oleh bagian rehabilitasi medis. Jika anak menderita sinusitis akut, gejala akan membaik dalam beberapa hari pertama. Setelah satu minggu biasanya anak sudah tampak jauh lebih baik, tetapi antibiotik harus tetap dilanjutkan, jika tidak maka infeksi akan kembali. Apabila sinusitis berkaitan dengan penyakit alergi, maka anak perlu dikonsultasikan ke bagian alergi.

Jika anak mengalami beberapa kali sinusitis akut dalam beberapa tahun atau mengalami sinusitis kronik yang tampaknya tidak ada perbaikan, maka dianjurkan untuk dilakukan operasi.

Bila sinusitis tidak ditangani dengan baik, maka akan terjadi komplikasi sinusitis kronik antara lain adalah selulita orbita (infeksi jaringan sekitar mata), osteomielitis (infeksi tulang), meningitis (infeksi selaput otak) dan abses. Dengan adanya pengobatan yang adekuat, komplikasi ini jarang terjadi.

0 comments:

Posting Komentar