Infolinks In Text Ads

PENGARUH KONTEKSTUAL TERHADAP PERKEMBANGAN RENTANG HIDUP

PENGARUH-PENGARUH KONTEKSTUAL TERHADAP
PERKEMBANGAN RENTANG HIDUP

Pengaruh kontekstual adalah pengaruh-pengaruh yang muncul dari hubungan antaraperubahan seseorang dan perubahan dunia. Pengaruh-pengaruh kontekstual mencakup factor-faktor seperti budaya, sejarah, dan peristiwa-peristiwa hidup. Paul Baltes (1979, 1987) menulis bahwa berbagai pengaruh kontekstual berinteraksi dengan cara-cara yang kompleks, di dalam proses yang mempengaruhi pola hidup individu. Baltes dan rekan (Baltes, Cornelius, dan Nesselroade, 1979) percaya adanya tiga kumpulan factor utama yang mempengaruhi perkembangan individu, yaitu:

• Pengaruh tingkatan usia normative
Pengaruh tingkatan usia normative adalah penentu normal atau khusus yang berhubungan erat dengan usia seseorang dan oleh karena itu bisa diprediksi karena hampir sama bagi sebagian orang. Beberapa diantaranya adalah biologis, seperti masa menarche (periode menstruasi pertama) dan menopause. Pengaruh-pengaruh tingkatan usia normative ini melibatkan sosialisasi dan budaya, misalnya perkawinan

• Pengaruh tingkatan sejarah normative
Adalah periatiwa-peristiwa yang banyak dialami di dalam budaya pada waktu tertentu. Misalnya biologis (contoh; kelaparan) atau lingkungan (contoh: depresi).

• Pengaruh-pengaruh non normative
Pengaruh ini merujuk ke penentu lingkungan dan biologis yang meskipun signifikan, tidak terjadi di setiap orang; atau ketika terjadi, terjadi pada usia tertentu. Dengan demikian,pengaruh-pengaruh non normative tidak dapat diprediksi. Contohnya meliputi pengangguran, memenangkan lotre, cacat lahir, dsb.

Tiga kumpulan kontekstual ini berinteraksi satu dengan yang lain dan kelihatan naik turun pada masa-masa yang berbeda di dalam kehidupan individual (Balter and Reese, 1984). Pengaruh-pengaruh tingkatan usia tampak mendominasi perkembangan konsepsi-konsepsi melalui masa kank-kanak dan pubertas, tetapi kemudian turun sampai muncul kembali pada masa tua. Pengaruh tingkatan sejarah dan non normative menjadi penentu iang lebih umum dan kuat selama masa awal dewasa dan masa tua menengah. Bagi para peneliti perkembangan rentang hidup, khususnya yang menyelidiki kehidupan orang dewasa, pengaruh-pengaruh tingkatan sejarah dan non normative adalah kekuatan yang sangat penting untuk diuji

0 comments:

Posting Komentar