Infolinks In Text Ads

Cara pengobatan otitis eksterna

Tindakan pengobatan yang dilakukan berbeda-beda tergantung penyebab otitisnya. Obat tetes telinga yang mengandung antibiotik dan anti radang bisa diberikan bila terjadi infeksi bakteri dan pembengkakan. Obat tetes telinga yang mengandung anti ektoparasit atau injeksi obat golongan ivermectin dan selemectin bisa diberikan bila otitis disebabkan oleh tungau telinga atau ekto parasit lain. Pemberian obat-obatan ini harus mengikuti siklus hidup parasit tersebut.

Untuk kasus tumor atau polip, diperlukan tindakan operasi/bedah untuk mengangkat jaringan yang abnormal. Otitis yang disebabkan oleh alergi dan gangguan hormon memerlukan tindakan pengobatan secara menyeluruh dan sistematis. Seringkali pengobatan hanya bersifat mengurangi efek saja, karena penyebab utamanya (alergi atau gangguan hormon) memang relatif sulit disembuhkan.

Pengobatan otitis eksterna dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
  • membersihkan telinga, pengobatan topikal menggunakan topikal insektisida, biasanya terdiri dari obat telinga yang dioleskan ke dalam telinga satu atau dua kali sehari. 
  • pemberian steroid untuk mengurangi nyeri dan peradangan 
  • terapi antibiotik untuk menghindari infeksi bakterial akut atau ulcerasi 
  • terapi antifungal untuk menghindari infeksi jamur 
  • terapi anti alergi serta ivermectin untuk parasit telinga eksternal (infestasi Otodectes)

0 comments:

Posting Komentar