Infolinks In Text Ads

Gejala psoriasis

  1. Psoriasis ditandai oleh bercak-bercak merah yang dilapisi dengan sisik tebal (kadang bertumpuk seperti tetesan lilin) berwarna puith keperakan yang umumnya terlihat di sekitar alis, kepala (seperti ketombe), siku, lutut, juga bagian belakang tubuh sekitar panggul, yang dapat meluas ke bagian kulit lainnya, termasuk di daerah lipatan kulit.
  2. Bila terjadi di kepala, akan terlihat berbeda dari ketombe biasa yang ditandai oleh sisik yang halus. Selain itu, sisik tebal pada psoriasis di kepala terletak di atas dasar kulit yang merah. Bentuk ini terjadi pada hampir 80% pasien psoriasis dan disebut psoriasis tipe plakat (secara ilmiah disebut juga psoriasis vulgaris /yang berarti umum).
  3. Pada psoriasis yang muncul sejak masa anak-anak atau remaja, biasanya ditandai oleh bintik-bintik merah kecil di kulit, biasanya pada badan dan kaki. Bentuk ini dikenal sebagai psoriasis Gutata (kata ‘guttate’ berasal dari bahasa Latin yang berarti “jatuh” atau drop).
  4. Psoriasis juga dapat menyerang dan merusak kuku, ditandai oleh banyak sisik serupa serbuk di bagian bawah kuku. Kuku akan terangkat, terlihat kusam dan rusak.
  5. Pada keadaan tertentu psoriasis dapat meluas ke seluruh tubuh, dikenal sebagai psoriasis eritroderma. Kondisi ini tergolong berbahaya karena seluruh kulit menjadi merah matang dan bersisik, fungsi perlindungan kulit hilang, sehingga memudahkan terjadi komplikasi termasuk infeksi.
  6. Selain itu, kadang psoriasis menimbulkan peradangan sendi sehingga sendi terasa nyeri, membengkak dan kaku, persis gejala rematik, yang harus segera ditolong agar sendi tidak kropos.
  7. Kondisi lain yang perlu diwaspadai (dapat terjadi pada 5% dari seluruh penderita) adalah timbulnya psoriasis pustular. Kelainan ditandai munculnya bintil-bintil putih berisi nanah yang dikelilingi bercak merah misalnya pada tangan dan kaki, pada telapak atau bahkan pada seluruh tubuhnya. Bintil ini merupakan kumpulan sel darah putih yang bukan merupakan suatu infeksi dan juga tidak menular.

0 comments:

Posting Komentar