Infolinks In Text Ads

KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI KONSELOR

KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI KONSELOR

1.Keterampilan observasi
  • Dalam mengobservasi sesuatu hal penting yang perlu diperhatikan :
  • Pengamatan obyektif adalah berbagai tingkah laku yang kita lihat dan dengar.
  • Interpretasi/penafsiran adalah kesan yang kita berikan terhadap apa yang kita lihat (amati) dan kita dengar.
2.Keterampilan mendengar
  • Terdapat empat bentuk mendengarkan yang bisa digunakan sesuai dengan situasi yang dihadapi yaitu :
  • Mendengar pasif (diam), dilakukan bila klien dan keluarga sedang menceritakan masalahnya.
  • Memberi tanda perhatian verbal dan non verbal, seperti hmm, yaa, oh begitu, lalu, terus, atau sesekali mengangguk.
  • Mengajukan pertanyaan untuk mendalami dan klarifikasi.
  • Mendengar aktif, yaitu dengan memberikan umpan balik/merefleksikan isi ucapan dan perasaan klien dan keluarga.
3.Keterampilan bertanya
  • Semua jenis pertanyaan dapat dikelompokkan menjadi :
  • Pertanyaan tertutup, pertanyaan yang menghasilkan jawaban ya atau tidak.
  • Pertanyaan terbuka, pertanyaan biasanya memakai kata tanya bagaimana atau apa, mengapa. (Yulifah, 2009)

0 comments:

Posting Komentar