Infolinks In Text Ads

Pengertian Batu saluran kemih

Batu saluran kemih adalah penyakit yang didapat. Batu saluran kemih dapat dijumpai di ginjal, saluran kemih atas (ureter), kandung kemih, dan saluran kemih bawah (urethra). Gejala batu saluran kemih tergantung pada lokasi batu.

Batu di ginjal biasanya ditandai dengan nyeri di pinggang, jarang terjadi nyeri hebat (kolik), sering disertai kencing kemerahan,  demam karena infeksi saluran kemih, kembung, nyeri ulu hati, dan lain-lain. Tidak jarang batu ginjal tidak menimbulkan gejala dan baru diketahui setelah dilakukan pemeriksaan radiologis.

Batu ureter sering menyebabkan kolik (nyeri perut yang hebat) akibat pergeseran batu, kencing kemerahan, nyeri waktu berkemih.

Batu kandung kemih dan batu urethra sering disertai tanda infeksi saluran kemih, nyeri sewaktu berkemih, terdapat serbuk atau batu sewaktu berkemih, air kemih kemerahan. Kadang-kadang terdapat perubahan berkemih, yaitu aliran air kemih berhenti tiba-tiba dan kemudian keluar lagi dengan perubahan posisi. Gejala yang agak khas adalah, pada laki-laki anak sering menarik-narik alat kelaminnya sedangkan pada perempuan sering menggosok-gosok alat kelaminnya.

Pengobatan batu saluran kemih tergantung pada lokasi dan besarnya batu. Biasanya batu dibuang dengan operasi atau dapat dikeluarkan dengan memecahkan batu tersebut dengan alat khusus dan batu keluar dalam bentuk serbuk (lititripsi).

0 comments:

Posting Komentar