Infolinks In Text Ads

Penjelasan Tentang Tambalan amalgam

Tambalan amalgam telah dipakai selama lebih dari 150 tahun. Tambalan amalgam terbuat dari percampuran merkuri cair (43-54%) dan beberapa bubuk logam (46-57%) yang terdiri dari perak, timah, tembaga, seng dan sedikit logam lainnya.

Tambalan amalgam mempunyai berbagai keuntungan, di antaranya:
1    Kuat
2    Tahan lama
3    Tidak terlalu mahal
4    Pengerjaannya relatif mudah

Apakah tambalan amalgam aman?
Selama bertahun-tahun dan setelah dipakai sebagai bahan tambal pada berjuta-juta manusia, efek samping dari amalgam tidak ditemukan kecuali bahwa sebagian kecil (1-3%) orang menderita alergi terhadap tambalan ini. Namun yang sekarang menjadi perhatian adalah bahwa walaupun tambalan amalgam merupakan hasil akhir percampuran yang stabil, sejumlah sangat kecil uap merkuri dilepaskan dari tambalan amalgam pada saat:

1    Peletakan tambalan di gigi
2    Pemolesan tambalan
3    Pengunyahan makanan
4    Pembongkaran tambalan dari gigi

Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah uap merkuri yang dilepaskan ini berjumlah sangat kecil dan jauh di bawah batas aman yang telah ditentukan oleh berbagai organisasi kesehatan di dunia.

Walaupun demikian, kontroversi mengenai tambalan amalgam tetap berlanjut. Berbagai jenis penyakit telah dihubung-hubungkan dengan tambalan amalgam, di antaranya adalah: penyakit Alzheimer, migren, multiple sclerosis, atau autisme dan gangguan neurologik pada anak dari ibu dengan jumlah tambalan amalgam yang banyak. Namun pada waktu para penderita ini diperiksa,  tingkat merkurinya tidaklah lebih tinggi daripada orang normal. 

0 comments:

Poskan Komentar