Infolinks In Text Ads

PROSES MENYELEKSI RANGSANGAN

PROSES MENYELEKSI RANGSANGAN

    Setelah diterima, rangsangan atau data diseleksi. Dua faktor menentukan seleksi rangsangan itu, yaitu faktor intern dan faktor ekstern (Sobur, 2009).

1). Faktor internal
a). Kebutuhan psikologis

    Kebutuhan psikologis seseorang mempengaruhi persepsinya.

b). Latar belakang

    Latar belakang mempengaruhi hal-hal yang dipilih dalam persepsinya.

c). Pengalaman

    Pengalaman mempersiapkan seseorang untuk mencari orang-orang, hal-hal, dan gejala yang mungkin serupa dengan pengalaman pribadinya.

d). Kepribadian

    Kepribadian mempengaruhi persepsi, seseorang yang intovert mungkin akan tertarik kepada orang-orang yang sama sekali berbeda.

e). Sikap dan kepercayaan umum

    Sikap dan kepercayaan umum juga mempengaruhi persepsi.

f). Penerimaan diri

    Penerimaan diri merupakan sifat penting yang mempengaruhi persepsi. Beberapa telah menunjukkan bahwa mereka yang lebih ikhlas menerima kenyataan diri akan lebih tepat menyerap sesuatu daripada mereka yang kurang ikhlas menerima realitas dirinya.


2). Faktor eksternal

    Beberapa faktor yang dianggap penting pengaruhnya terhadap seleksi rangsangan ialah:

a). Intesitas

    Pada umumnya rangsangan yang lebih intensif mendapatkan lebih banyak tanggapan daripada rangsangan yang kurang intens.

b). Ukuran

    Pada umumnya benda-benda yang lebih besar lebih menarik perhatiannya.

c). Kontras

    Hal lain yang biasa kita lihat akan cepat menarik perhatian.

d). Gerakan

    Hal-hal yang bergerak lebih menarik perhatian dari pada hal-hal yang diam.

e). Ulangan

    Hal-hal yang berulang dapat menarik perhatian. Ulangan mempunyai nilai yang menarik perhatian selama digunakan dengan hati-hati.

f). Keakraban

    Hal-hal yang akrab atau dikenal lebih menarik perhatian. Hal ini terutama jika hal tertentu tidak diharapkan dalam rangka tertentu.

g). Sesuatu yang baru bertentangan dengan faktor keakraban, akan tetapi hal-hal baru juga menarik perhatian
Faktor ini. Jika orang sudah biasa dengan kerangka yang sudah dikenal, sesuatu yang baru menarik
perhatian.

0 comments:

Posting Komentar