Infolinks In Text Ads

tips mencegah robekan perineum saat persalinan

Melatih elastisitas otot-otot perineum dengan pijatan. Bisa dilakukan mulai usia kehamilan 33 minggu.

Melatih otot-otot dasar panggul dengan olahraga kegel (seperti menahan BAB). Olahraga kegel akan membuat Anda mengetahui otot-otot yang digunakan saat bersalin, dan membantu Anda merelaksasi otot perineum saat persalinan nanti.

Kelelahan biasanya menjadi salah satu alasan untuk melakukan episiotomi segera, terutama pada ibu yang baru pertama kali melahirkan Persiapkan persalinan sebaik mungkin dengan istirahat cukup dan makan makanan berkalori menjelang persalinan.

Jangan panik. Hadapi dengan penuh optimisme sehingga Anda tidak panik selama persalinan berlangsung.

Kunci agar perineum tidak robek adalah proses melahirkan yang tidak terburu-buru sehingga kepala bayi keluar secara perlahan-lahan, memberi kesempatan otot perineum untuk meregang alami.

Dibutuhkan kesabaran dari ibu dan penolong persalinan untuk mengendalikan rasa ingin mengejan. Jadi, tunggulah instruksi kapan Anda boleh mengedan dan tanyakan bagaimana cara mengedan dengan baik.

Beberapa posisi bersalin membantu mengurangi robekan perineum, misalnya posisi berlutut dengan sanggaan kedua tangan. Sementara, posisi jongkok meningkatkan risiko robekan.

0 comments:

Posting Komentar