Infolinks In Text Ads

Cara Mengunyah makanan yang ideal antara 25 – 30 kali mengunyah

Mengunyah makanan yang ideal antara 25 – 30 kali mengunyah

Pencernaan makanan melalui dua proses, yaitu pencernaan secara mekanik dan kimiawi atau enzimatik. Pencernaan secara mekanik terjadi di mulut dengan mengunyah makanan. Gigi-geligi akan merobek dan melumatkan makanan dengan bantuan air ludah yang mengandung enzim ptialin, yaitu enzim yang mencerna karbohidrat. Sehingga, proses pencernaan di dalam mulut menjadi kian sempurna.

Oleh karena itu, agar proses percernaan ini berjalan sempurna, makanan harus dikunyah dengan baik di dalam mulut. Kesempurnaan mengunyah makanan yang ideal berkisar antara dua puluh lima sampai tiga puluh kali ku-nyahan. Ada yang berpendapat bahwa jika makanan sudah terasa lembut dan manis berarti proses mengunyah telah sempurna.

Proses mengunyah makanan dengan sempurna akan mempermudah mekanisme stimulasi terhadap kelenjar air ludah agar memberi respons yang optimal setiap kali makan. Selain itu, agar karbohidrat yang belum seluruhnya dapat dicerna di dalam mulut dapat disempurnakan di lambung dan usus halus. Disamping itu, hikmah mengunyah makan dengan sempurna dan tidak tergesa-gesa adalah untuk melatih kesabaran.

0 comments:

Posting Komentar