Infolinks In Text Ads

Pengertian Dan Penjelasan Jenis Dan Fungsi Gigi

Semua bagian tubuh kamu mempunyai fungsinya masing-masing, termasuk juga gigi kamu.
Gigi memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah:
1. Pengunyahan
Gigi berperan penting untuk menghaluskan makanan agar lebih mudah ditelan serta meringankan kerja proses pencernaan. Gak mungkin dong kamu menelan semua makananmu bulat-bulat kayak uler! Kalau pun mungkin, kasihan dong sama organ pencernaan kamu yang lain. Tentunya mereka akan bekerja lebih berat dan penyerapan makanan pun gak akan maksimal.

2. Berbicara
Gigi sangat diperlukan untuk mengeluarkan bunyi ataupun huruf-huruf tertentu seperti huruf T, V, F, D, dan S. Tanpa gigi, bunyi huruf-huruf ini gak akan terdengar dengan sempurna. Ngomong pun akan belepotan. Contohnya mungkin bisa kamu lihat pada kakek-kakek dan nenek-nenek yang sudah ompong.

3. Estetik
Sebuah senyum gak akan lengkap tanpa hadirnya sederetan gigi yang rapi dan bersih. Coba deh bayangin Luna Maya atau Tora Sudiro tanpa gigi. Masih kelihatan cantik dan ganteng gitu? Hampir semua orang yang profesinya mengandalkan penampilan di depan orang banyak seperti pemain film, M.C., atau penyanyi, membutuhkan gigi yang tersusun indah. Orang yang berprofesi seperti ini bahkan sampai rela menghabiskan uangnya untuk melakukan berbagai perawatan agar gigi mereka tersusun rapi, bersih, dan berwarna putih berkilau.

Menjaga kesehatan rongga mulut dan rahang
Banyak hal yang terjadi apabila gigi kamu hilang. Di antaranya gangguan pengunyahan makanan, susunan gigi yang menjadi gak teratur (disebut maloklusi), tulang alveolar yang berkurang (resorpsi), gangguan pada sendi rahang, dan penyakit pada jaringan periodontal. Apabila gigi kamu terpaksa harus dicabut, akan lebih baik bila gigi tersebut diganti dengan gigi tiruan alias gigi palsu agar kesehatan mulut kamu tetap terjaga.

Jenis Gigi
Gigi-geligi yang ada di mulut kamu termasuk golongan gigi heterodont karena bentuknya bermacam-macam dan fungsinya pun berbeda-beda. Selain heterodont, ada pula makhluk yang memiliki gigi homodont karena semua giginya mempunyai bentuk yang sama, misalnya burung dan ikan. Secara umum gigi kamu bisa dibagi menjadi empat jenis:
1. Gigi insisif atau gigi seri
Gigi ini berbentuk persegi panjang, dan berfungsi untuk memotong makanan. Gigi insisif terletak di bagian paling depan di tengah lengkung gigi, ada empat buah di rahang atas maupun di rahang bawah.

2. Gigi kaninus atau gigi taring
Gigi taring berada di sebelah gigi insisif. Gigi ini berbentuk lebih panjang dengan ujung yang runcing. Gigi taring berfungsi untuk mengoyak atau menyobek dan memotong makanan. Gigi taring berjumlah empat buah, dua di rahang atas dan dua di rahang bawah.

3. Gigi premolar atau gigi geraham kecil
Di belakang gigi kaninus ada gigi premolar. Bentuk gigi premolar di rahang atas agak berbeda dengan premolar di rahang bawah. Premolar rahang atas mempunyai dua bonjol, sedangkan premolar rahang bawah hampir mirip dengan kaninus namun bonjolnya gak runcing dan bentuknya juga lebih besar dari gigi kaninus. Totalnya gigi premolar ada delapan buah, empat di rahang atas dan empat di rahang bawah. Gigi premolar berfungsi untuk menyobek dan membantu menghaluskan makanan.

4. Gigi molar atau gigi geraham besar
Gigi molar berada di belakang gigi premolar. Bentuknya seperti kotak dan ukurannya besar. Gigi molar merupakan gigi yang paling berperan dalam proses penghalusan makanan. Totalnya ada dua belas buah, enam di rahang atas dan enam di rahang bawah.

Terkadang gigi molar yang paling belakang atau biasa disebut dengan nama bungsu gak muncul, sehingga jumlah gigi molar hanya delapan buah. Orang bule’ menyebut gigi molar bungsu dengan nama wisdom teeth. Karena gigi ini muncul ketika seseorang dianggap lebih dewasa dan bijaksana yaitu sekitar umur 20-an.

0 comments:

Poskan Komentar