Infolinks In Text Ads

Cara Menyikat Gigi Yang Baik Dan Benar

Ada berbagai macam teknik menyikat gigi. Dokter gigi kamu bisa mengajarkan kamu teknik menyikat gigi yang dianggapnya cocok untuk kamu.
Teknik menyikat gigi yang namanya “modifikasi Bass” merupakan teknik yang paling populer dan sangat efektif untuk membuang plak pada tepi gusi dan dibawah gusi. Teknik ini biasanya hanya dipakai oleh orang dewasa dan bukan pada anak-anak karena memerlukan sedikit keterampilan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam menyikat gigi:
1. Bersihkan permukaan gigi bagian luar yang menghadap ke bibir dan pipi. Mulai pada rahang atas terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan yang rahang bawah.

Kamu bisa menggunakan teknik modifikasi Bass untuk membersihkan bagian ini dengan langkah sebagai berikut:
• Pegang sikat gigi secara horisontal dan letakkan kepala sikat gigi pada permukaan gigi, lebih tepatnya di tepi gusi, karena disinilah banyak plak menumpuk. Agar lebih yakin gunakanlah cermin untuk melihat posisi sikat gigi kamu.
• Miringkan kepala sikat gigi kira-kira sebesar 45 derajat menghadap permukaan gigi.
• Gerakan sikat kamu secara horisontal ke kanan dan kiri dengan jarak yang sangat pendek atau kecil seperti suatu getaran dan dengan tekanan yang lembut. Dengan sudut dan gerakan ini, bulu sikat akan bisa masuk ke dalam sulkus gusi dan membuang plak yang ada di dalamnya.
• Sikatlah dengan gerakan sebanyak 10-20 kali gosokan baru berpindah ke gigi-gigi di sebelahnya.

Sebelum kamu gerakan sikatmu, coba kamu lihat berapa gigi yang terkena saat sikat diletakkan ke gigi kamu. Mungkin sekitar 3 sampai 4 gigi kali ya? Nah, sikatlah 3 sampai 4 gigi tersebut terlebih dulu baru berpindah ke gigi-gigi di sebelahnya. Jangan gerakan sikat gigi kamu terlalu besar atau panjang karena bisa merusak gusi. Inget ya cukup dengan gerakan yang kecil atau pendek, seperti suatu getaran.

Apabila kamu merasa kurang nyaman atau gak biasa dengan gerakan horisontal seperti di atas, kamu bisa menggantinya dengan gerakan kecil melingkar sepanjang tepi gusi dengan sudut yang sama. Lakukanlah sebanyak 10-20 kali gosokan baru berpindah ke gigi sebelahnya. Bagian mahkota gigi di atas tepi gusi yang belum tersikat, bisa kamu sikat dengan gerakan melingkar ataupun dengan menarik bulu sikat dari gusi ke arah mahkota gigi.

2. Bersihkan seluruh permukaan kunyah gigi pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan maju mundur sebanyak 10-20 kali gosokan juga. Lakukan pada rahang atas terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan rahang bawah. Bulu sikat gigi diletakkan tegak lurus menghadap permukaan kunyah gigi.

3. Bersihkan permukaan dalam gigi yang menghadap ke lidah dan langit-langit dengan menggunakan teknik modifikasi Bass untuk lengkung gigi sebelah kanan dan kiri. Untuk lengkung gigi bagian depan bisa kamu bersihkan dengan cara memegang sikat gigi secara vertikal menghadap ke depan. Lalu gunakan ujung sikat dengan gerakan menarik dari gusi ke arah mahkota gigi. Lakukanlah pada rahang atas terlebih dulu dan dilanjutkan dengan rahang bawah.

4. Terakhir, sikat pula lidah kamu untuk membersihkan bakteri yang berada di permukaan lidah. Permukaan lidah yang kasar dan berpapil membuat bakteri mudah menempel di sana. Selain dengan sikat gigi, kamu juga bisa membersihkan lidah kamu dengan sikat lidah. Kalo lidah kamu bersih tentunya nafas kamu pun akan lebih segar.

Jika Masih Ada yg Kurang Silahkan Memberikan Komentar ^^

0 comments:

Poskan Komentar