Infolinks In Text Ads

Cara mengatasi sembelit pada anak

  1. Biasakan anak mengkonsumsi makanan berserat tinggi, seperti sayur dan buah. Sereal gandum yang tinggi serat mempunyai berbagai pilihan rasa yang disukai oleh anak, dan dapat diberikan bersama susu.
  2. Meningkatkan konsumsi air setiap harinya dengan memberikan air putih atau jus murni.
  3. Melatih anak untuk buang air secara teratur (bowel habit training), untuk menghindari kebiasaan anak mengacuhkan rangsangan buang besar. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membimbing anak untuk duduk di toilet kurang lebih selama 10 menit, biasanya setelah makan. Selama acara menunggu ini, pastikan anak duduk dengan nyaman di toilet. Gunakan kursi kecil atau media penyangga lainnya agar kaki anak tidak menggantung. Pastikan juga anak tidak bosan selama menunggu. Agar latihan ini dapat berlangsung kontinyu, orang tua dapat memberi reward. Reward yang diberikan sebaik tidak berupa makanan, tetapi dapat berupa tambahan waktu untuk bermain mainan kesukaannya, atau memberikan stiker untuk menambah koleksi buku stikernya yang akhir-akhir ini cukup diminati oleh anak-anak. Jika anak ‘berhasil’ membuang air besar, beri pujian dan reward yang lebih besar.
  4. Beberapa zat dapat digunakan untuk mempermudah anak buang air besar, berfungsi untuk melunakkan kotoran yang keras, sehingga tidak mengiritasi selaput lendir dan kulit di sekitar anus. Zat-zat yang biasanya cukup aman digunakan misalnya pemberian minyak mineral, dan lactulose.

0 comments:

Posting Komentar