Infolinks In Text Ads

Faktor risiko lain yang mempengaruhi terjadinya kanker serviks

Kanker servik umumnya dikenal dengan penyakit kanker leher rahim, jenis penyakit ini banyak dialami oleh kaum hawa (wanita). Saat ini, kanker serviks  menjadi penyebab kematian wanita nomor dua di dunia setelah penyakit jantung koroner. Namun dalam kurun waktu setahun ke depan diprediksi kanker leher rahim akan menjadi penyebab kematian wanita nomor satu, jika tidak dilakukan upaya deteksi dini dan pengobatannya. Menakutkan yach..?!

Kanker serviki telah diketahui disebabkan oleh sejenis virus yang dinamakan Human Papiloma Virus (HPV). Virus ini terdiri dari berbagai macam tipe. Namun terdapat 2 tipe yang paling membahayakan, yaitu HPV tipe 16 dan 18.

Virus ini ditularkan melalui hubungan seksual. Namun tidak semua infeksi HPV dapat berkembang menjadi kanker serviks. Jika seorang wanita terinfeksi dengan HPV yang tipe lain yang tidak  begitu berbahaya, maka dengan kekebalan tubuhnya, wanita tersebut dapat terhindar dari kanker serviks. Biasanya HPV yang berkembang menjadi kanker serviks adalah yang tipe 16 dan 18. Faktor risiko lain yang mempengaruhi terjadinya kanker serviks adalah

Hubungan seksual pertama kali pada usia muda

* Banyak melahirkan

* Penggunaan kontrasepsi hormonal dalam jangka waktu lama (10 tahun)

* Faktor gizi

* Penyakit seksual lainnya

0 comments:

Posting Komentar