Infolinks In Text Ads

Hubungan Antara Pengetahuan Dan Perilaku

Status kesehatan menurut bloom dipengaruhi oleh 4 komponen yaitu perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan. Dari keempat komponen ini, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, perilaku merupakan faktor utama yang mempengaruhi status kesehatan, menurut Lawrence green yang dikutip oleh Syarifudin (2009) menjelaskan bahwa perilaku di pengaruhi oleh 3 faktor, yaitu :

1.Factor predisposisi (predisposing factor)
Merupakan factor internal yang ada pada diri individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat yang mempermudah individu untuk berperilaku seperti pengetahuan, sikap, nilai,persepsi, dan keyakinan.
2.Factor pemungkin (Enabling Faktor)
Merupakan factor yang memungkinkan individu berperilaku karena tersedianya sumberdaya,keterjangkauan,rujukan dan ketrampilan.
3.Factor penguat (Reinforcement Faktors)
Merupakan factor yang menguatkan perilaku seperti,sikap dan ketrampilan petugas kesehatan, teman sebaya, dan orang tua.

Pengetahuan merupakan faktor predisposisi terhadap perubahan perilaku yang mengarahkan pada peningkatan status kesehatan, termasuk perilaku itu dalam menangani dan merawat bayinya yang terkena sariawan, selain faktor yang lain untuk mencapai penanganan dan perawatan bayi yang terkena sariawan secara optimal dan untuk mengoptimalkan pengetahuan individu diperlukan pendidikan kesehatan melalui komunikasi ataupun dinamika kelompok (Notoatmodjo, 2003).

0 comments:

Poskan Komentar