Infolinks In Text Ads

Ibu kurang sering menyusui

Menyusui kurang dari 5-6 kali sehari juga merupakan alasan lazim bayi kekurangan ASI. Ibu yang sangat sibuk biasanya sulit menyusui sesuai keinginan bayi. Padahal, isapan bayi merangsang produksi ASI. Itu berarti, menyusui yang terlalu jarang dan terlalu singkat akan menurunkan produksi ASI. Jika ini yang terjadi pada Anda, maka Anda sebaiknya menyusui bayi sesering dan selama bayi mau.

Bayi tidak menyusu cukup lama pada satu payudara. Kadang ibu melepaskan bayi dari payudara sebelum bayinya benar-benar puas. Perlu diketahui, durasi menyusu tidak sama pada tiap bayi. Ada bayi yang memerlukan waktu 30 menit untuk mendapatkan cukup ASI dari satu payudara. Tapi ada juga yang hanya mengisap sebentar, lalu tertidur sejenak, lalu terbangun dan menangis minta menyusu lagi.

Jika ini yang terjadi pada si kecil, maka Anda sebaik-nya membiarkan bayi menyusu sampai berhenti sendiri. Jika si kecil gampang tertidur, Anda sebaiknya menepuk-nepuk pipinya agar terbangun dan menyusu lagi.

Kepercayaan diri sangat penting bagi keberhasilan menyusui. Jika Anda bertekad menyusui eksklusif selama 6 bulan, peliharalah kepercayaan diri Anda baik-baik. Jangan biarkan kepercayaan diri Anda digerogoti oleh keraguan, apalagi keraguan yang dasarnya tidak bisa dipercaya.

0 comments:

Posting Komentar