Infolinks In Text Ads

Kelainan organik morfologi (perifer) berdasarkan penyebabnya

Kelainan organik yang berkenaan dengan morfologi (perifer) yang mengenai laring berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi:

a). Kelainan kongenital (laryngeal web, laryngo malacia)

Selain suara yang berubah, kelainan yang berat dapat menyumbat jalan napas. Tindakan yang diambil tergantung penyebabnya, jika laryngeal web maka dilakukan operasi pengangkatan web. Bila laryngo malacia, secara teoritis akan membaik dengan sendirinya.

b). Infeksi akut dan kronis

Infeksi dapat mengenai laring khususnya pita suara dan akan menyebabkan perubahan suara.Tindakan yang dapat dilakukan tergantung jenis infeksi, mulai dari antibiotika sampai obat anti infeksi spesifik, seperti anti-TBC.

c). Trauma pita suara

Misalnya saja tindakan pemeriksaan yang memerlukan dimasukkan sesuatu alat melalui tenggorok, atau sebab lain seperti zat korosif atau uap panas yang tanpa sengaja terhirup masuk ke jalan napas.

d). Kelumpuhan pita suara

Tindakan yang dapat dilakukan muali dari terapi wicara sampai tindakan operatif, misalnya menyuntikkan zat tertentu sesuai penyebabnya.

e). Tumor

Adanya sesuatu pada pita suara akan mengganggu gerak, getar, dan mengubah volume pita suara. Tumor pada pita suara bisa jinak atau ganas.

Tindakan yang harus dilakukan adalah dengan pengangkatan tumor tersebut. Baik dengan prosedur sederhana ataupun operasi seperti laringektomi.

f). Kelainan degeneratif karena penuaan atau kelainan sistemik seperti gangguan hormonal, diabetes, dsb.

0 comments:

Posting Komentar