Infolinks In Text Ads

Klasifikasi periode perkembangan

Klasifikasi periode perkembangan yang paling luas digunakan meliputi urutan sebagai berikut :

a. Periode prakelahiran (prenatal period)
Periode dari pembuahan hingga kelahiran. Periode ini merupakan masa pertumbuhan yang luar biasa dari satu sel tunggal menjadi organisme yang sempurna dengan kemampuan otak dan perilaku yang dihasilkan kira-kira dalam periode 9 bulan.

b. Masa bayi (Infancy)
Periode perkembangan yang terentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah suatu masa yang sangat tergantung pada orang dewasa. Banyak kegiatan psikologis hanyalah permulaan misalnya bahasa, pemikiran simbolis, koordinasi sensorimotor dan belajar social.

c. Masa awal anak-anak (early childhood)
Periode perkembangan yang terentang dari akhir masa bayi hingga usia kira-kira 5 atau 6 tahun, periode ini kadang-kadang disebut “tahun-tahun prasekolah”. Selama masa ini anak-anak kecil belajar semakin mandiri dan menjaga diri mereka sendiri, mengembangkan keterampilan kesiapan bersekolah (mengikuti perintah, mengidentifikasi huruf), dan meluangkan waktu berjam-jam bermain dengan teman sebaya. Kelas satu secara umum menandai akhir akhir masa akhir masa awal anak-anak.

d. Masa pertengahan dan akhir anak-anak (middle end late childhood)
Periode perkembangan yang terentang dari usia kira-kira 6 hingga 11 tahun yang kira-kira setara dengan tahun-tahun sekolah dasar. Keterampilan-keterampilan fundamental seperti membaca, menulis, dan berhitung telah dikuasai. Anak secara formal berhubungan dengan dunia yang lebih luas dan kebudayaanya. Prestasi menjadi tema yang lebih sentral dari dunia anak dan pengendalian diri mulai meningkat.

e. Masa remaja (adolescence)
Periode perkembangan transisi dari masa anak-anak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira-kira 10-12 tahun dan berakhir pada usia 18 hingga 22 tahun. Masa remaja bermula dengan perubahan fisik yang cepat, pertambahan tinggi dan berat badan yang dramatis, perubahan bentuk tubuh, dan perkembangan pinggang dan dalamnya suara. Pada masa perkembangan ini pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol, pemikiran semakin logis, abstrak, dan idealistis dan semakin banyak waktu diluangkan diluar rumah.

f. Masa awal dewasa (early adulthood)
Periode perkembangan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal usia duapuluhan tahun dan berakhir pada usia tigapuluhan tahun. Ini adalah masa pembentukan kemandiran pribadi dan ekonomi, masa perkembangan karir, dan bagi banyak orang, masa pemilihan pasangan, belajar hidup dengan seorang secara akrab, memulai keluarga, dan mengasuh anak-anak.

g. Masa pertengahan dewasa (Middle adulthood)
Periode perkembangan yang bermula pada usia kira-kira 35 hingga 45 tahun dan terentang hingga usia enampuluhan tahun. Ini adalah masa untuk memperluas keterlibatan dan tanggung jawab pribadi dan social, membantu generasi berikutnya menjadi individu yang berkompeten, dewasa dan mencapai serta mempertahankan kepuasaan dalam karir seseorang

h. Masa akhir dewasa (late adulthood)
Periode perkembangan yang bermula pada usia enampuluhan atau tujuhpuluhan tahun dan berakhir pada kematian. Ini adalah masa penyesuaian diri atas berkurangnya kekuatan dan kesehatan. (Santrock, 2007)

0 comments:

Posting Komentar