Infolinks In Text Ads

Pemicu risiko penyakit jantung

  1. Rokok merupakan salah satu faktor utama penyebab penyakit jantung pada wanita berusia 50 tahun. Perokok pasif dan aktif sama bahayanya.
  2. Pil kontrasepsi (sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memilih alat kontrasepsi).
  3. Hipertensi dan diabetes mellitus juga merupakan faktor utama yang dapat mempercepat kejadian penyakit jantung ini.
  4. Kadar kolesterol darah yang tinggi. Penggunaan obat penurun kolesterol tertentu selain dapat menurunkan kadar kolesterol darah juga terbukti dapat menurunkan angka kejadian penyakit koroner.
  5. Perbedaan antara penyakit jantung pada wanita dengan pria juga menyangkut masalah hormonal. Pada wanita menopause, produksi hormon estrogen menurun, menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung. Estrogen terbukti sebagai salah satu pelindung jantung dari ancaman penyakit jantung koroner.
  6. Penggunaan terapi pengganti hormon (hormon replacement therapy/HRT), sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena masih menjadi kontroversi. Salah satu organisasi jantung di Amerika tidak menganjurkan penggunaan HRT, karena efek sampingnya, yakni trombosis (proses pembekuan darah). Penggunaan jangka panjang (lebih dari 5 tahun) akan terjadi peningkatan risiko kanker payudara. Selain itu juga bisa terjadi peningkatan trigliserida, penyakit kandung kemih dan yang paling utama penghentian penggunaan HRT menyebabkan perdarahan dari vagina.
  7. Perubahan gaya hidup merupakan salah satu jawaban untuk memperkecil peluang penyakit jantung. Stop merokok, olahraga teratur, diet sesuai petunjuk dokter, check up teratur serta minum obat teratur.

0 comments:

Posting Komentar