Infolinks In Text Ads

Penyebab Dan Gejala Eksim Seboroik

Eksim seboroik merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan gejala kulit kemerahan dan bersisik pada daerah-daerah yang kaya akan kelenjar minyak, seperti di wajah, kepala dan dada. Bentuk ringan eksim seboroik adalah apa yang sering kita sebut sebagai “ketombean”. Pada bayi sering disebut dengan cradle cap atau dalam bahasa Jawa sering disebut sebagai “sela karang”. Eksim ini biasanya muncul pada saat bayi berumur satu bulan.

Penyebabnya diduga karena kelenjar minyak terlalu aktif dan juga karena pengaruh dari sejenis kuman yang bernama Pityrosporum ovale. Tanda-tanda eksim seboroik adalah kulit berubah menjadi merah dan tertutup sisik yang lengket berwarna kekuningan atau sisik putih kering. Kadang dijumpai adanya bintik-bintik merah kecil seperti jerawat. Pada kulit kepala biasanya sisik melekat erat sehingga sulit dilepaskan. Pada wajah biasanya mengenai kedua pipi, dahi, sekitar alis dan di telinga. Kasus yang berat bisa meluas ke badan dan lengan.

Penanganan eksim seboroik adalah dengan memandikan anak secara teratur dengan sabun bayi. Sisik di kepala yang tebal dan sulit dikelupas dapat diatasi dengan cara mengoleskan minyak zaitun (olive oil), didiamkan beberapa saat, selanjutnya dilepas dengan sisir secara perlahan. Sebaiknya kepala bayi dibersihkan dengan menggunakan sampo bayi atau sampo yang mengandung ketokonazole 2%. Pada kulit yang kemerahan dapat dioleskan krim hidrokortison 1% atau krim ketokonasol 2%.

0 comments:

Posting Komentar