Infolinks In Text Ads

Trauma pada struktur rongga mulut

Struktur lain dalam rongga mulut dapat juga menjadi korban trauma misalnya luka pada bibir, gusi, lidah, atau patahnya tulang alveolar atau tulang rahang. Luka ringan dapat berhenti dengan sendirinya apabila luka ditekan. Namun apabila luka yang terjadi cukup besar dan dalam disertai banyak perdarahan, maka anak Anda perlu segera dibawa ke dokter gigi.

Patahnya tulang alveolar (penyangga gigi) atau tulang rahang perlu dicurigai apabila: beberapa gigi sekaligus berbeda posisi, anak tidak dapat membuka-menutup mulut maupun menggigit dengan benar, atau muka anak tampak tidak simetris. Keadaan seperti inipun perlu penanganan dokter gigi ahli bedah mulut dengan segera.

Tips
Pada beberapa kasus, patahan gigi dapat direkatkan kembali ke tempatnya dengan bahan tambal dan menghasilkan estetika yang baik karena tampak seperti keadaan aslinya.Carilah patahan gigi, masukkan ke dalam segelas air bersih dan segera bawa anak Anda ke dokter gigi.
Apabila gigi susu tanggal, sebaiknya anda membawa gigi tersebut supaya bisa diperiksa apakah ada bagian gigi yang patah dan tersisa dalam lukanya.
Pertolongan pertama yang perlu Anda lakukan pada trauma jaringan lunak rongga mulut adalah:
Bersihkan luka dengan air bersih
Hentikan perdarahan dengan menekan bagian yang terluka dengan kain kasa atau gulungan kapas selama lima menit.

0 comments:

Posting Komentar