Infolinks In Text Ads

Cara Merawat Jalan Lahir Pasca Persalinan

Proses persalinan sering menyebabkan jalan lahir bengkak atau luka sobek. Keadaan ini menyebabkan nyeri atau pegal di daerah kemaluan dan kadang-kadang terjadi demam. Keluhan ini dapat diatasi dengan menggunakan ramuan tradisional. Selama masa nifas (30-40 hari) akan terjadi perdarahan dari vagina yang merupakan sisa darah dari rahim ibu akibat persalinan. Untuk membersihkan darah nifas dapat digunakan ramuan tradisional pluntur.

Untuk mengembalikan jalan lahir (vagina) ke bentuk semula bisa menggunakan jamu. Di samping itu, bisa juga dibantu dengan latihan kegel yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dalam posisi apa saja. Latihan kegel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Kaki sedikit diregangkan. Otot di sekeliling vagina dan anus dikencangkan secara perlahan-lahan.

2. Tahan sampai hitungan keenam, lalu dikendurkan secara perlahan-lahan sampai hitungan keempat.

3. Lakukan latihan ini berulang-ulang selama 5 menit dan secara bertahap waktunya ditingkatkan. Lakukan beberapa kali sehari.

Latihan ini dapat dilakukan segera setelah melahirkan (beberapa jam setelah melahirkan). Kontraksi otot yang dilakukan akan merapatkan jaringan kulit dan jaringan di bawah kulit serta membantu penyembuhan. Latihan ini sangat baik untuk mencegah kebocoran air seni (mudah terkencing-kencing) pada tahun-tahun mendatang dan dapat meningkatkan respon seksual.

0 comments:

Posting Komentar