Infolinks In Text Ads

Gejala prostat

Jika terjadi penyempitan saluran kemih yang disebabkan salah satu dari kedua penyakit tersebut, ada beberapa gejala dan tanda yang dapat muncul:
  1. Sulit berkemih, biasanya harus mengejan terlebih dahulu
  2. Pancaran air kemih lemah atau bahkan terputus-putus
  3. Perasaan tidak puas setelah berkemih, artinya masih ingin berkemih tapi sudah tidak bisa keluar
  4. Tidak dapat menahan keinginan untuk berkemih
  5. Frekuensi berkemih semakin sering, terutama pada malam hari. Biasanya penderita terbangun beberapa kali semalam untuk berkemih
  6. Rasa nyeri atau terbakar saat berkemih
  7. Air kemih keluar secara menetes

Bila terjadi penyumbatan, urin sama sekali tidak keluar. Biasanya timbul rasa sakit yang luar biasa pada daerah kandung kencing seiring dengan bertambahnya air seni di dalamnya. Pada keadaan demikian, dibutuhkan pemasangan kateter atau penusukan kandung kencing dengan jarum (pungsi suprapubik) untuk mengeluarkan air seni segera.

Kondisi kesehatan lain yang dapat terjadi pada kelenjar prostat adalah peradangan pada kelenjar, yang dapat disebabkan karena adanya infeksi (prostatitis). Peradangan ini dapat menyebabkan buang air kecil menjadi menyakitkan.  Infeksi inilah yang nantinya dapat meningkatkan risiko kemungkinan terjadinya kanker prostat.

Faktor genetik dan pengaruh hormonal yang berperan dalam kemungkinan terjadinya penyakit prostat memang sulit dikendalikan. Namun, kita dapat memodifikasi faktor lainnya, yaitu menjalankan pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan yang dapat berdampak buruk pada kesehatan.

0 comments:

Posting Komentar