Infolinks In Text Ads

kelainan prostat

Jika prostat membesar, maka saluran kemih yang melewati prostat akan tertekan, dapat menyempit atau bahkan tersumbat. Pembesaran kelenjar prostat dapat disebabkan oleh beberapa penyebab kelainan, di antaranya adalah pembesaran prostat jinak (benign prostate hyperplasia/BPH) dan kanker prostat.

Pembesaran prostat BPH ditemukan lebih banyak pada pria usia lanjut. Hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti penyebabnya, tetapi beberapa hipotesis menyebutkan bahwa kelainan ini erat kaitannya dengan peningkatan salah satu hormon pada pria, yaitu dihidrotestosteron (DHT).

Seperti halnya BPH, penyakit kanker prostat juga sering diderita pada usia lanjut. Beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab kanker prostat; 1). Faktor genetik, 2).  Pengaruh hormonal, 3). Diet makanan, 4). Pengaruh lingkungan, dan 5). Infeksi.

Makanan yang mengandung lemak, susu yang berasal dari hewan, daging merah, dan hati diduga meningkatkan kejadian kanker prostat. Beberapa nutrisi diduga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya kanker prostat, di antaranya: vitamin A, beta karoten, isoflavon, atau fitoestrogen yang banyak terdapat pada kedelai, likopen pada tomat, selenium (ikan laut, biji-bijian), dan vitamin E. Kebiasaan merokok dan paparan bahan kimia yang banyak terdapat pada alat listrik dan baterai juga berhubungan erat dengan risiko timbulnya kanker prostat.

0 comments:

Posting Komentar