Infolinks In Text Ads

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN STRUMA

DEFINISI
Pembesaran kelenjar tiroid sebagai akibat pertambahan ukuran sel/jaringan

ETIOLOGI
Berbagai faktor di identifikasikan sebagai penyebab terjadinya hipertropi kelenjar tiroid termasuk di dalamnya defisiensi yodium, gaitrogenik glikosida agent (zat atau bahan ini dapat mensekresi hormon tiroid seperti ubi kayu, jagung, lobak, kangkung, kubis bila dikonsumsi secara berlebihan). Obat-obatan anti tiroid, peradangan dan tumor/neoplasma.

GAMBARAN KLINIK
- Leher bertambah besar atau tidak
- Sulit menelan
- Sesak nafas
- Suara serak atau parau
- Pada palpasi kelenjar tiroid, nodul tunggal atau ganda dengan konsistensi keras atau tidak.
- Tes TSN serum meningkat
- Biasanya tanpa rasa nyeri kecuali bila timbul perdarahan di daerah nodul.

PENCEGAHAN
Dapat di cegah dengan pemberian senyawa yodium pada anak-anak di daerah yang kandungan yodiumnya buruk. Hipertropi terjadi karena asupan rerata yodium kurang dari 40 mg/hari, WHO menganjurkan yodiosasi garam hingga mencapai konsentrasi satu bagian dalam 100.000 yang sudah cukup untuk pencegahan pembesaran kelenjar tiroid. Pengenalan garam beryodium merupakan satu-satunya cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit ini dalam masyarakat yang rentan.

PENATALAKSANAAN
 Untuk menekan aktivitas kelenjar hipofisis yang menstimulasi tiroid di beri preparat supplement yodium, seperti larutan jenuh kalium yoyida.
 Dilakukan tindakan operatif
Komplikasi pasca bedah dapat dikurangi dengan menciptakan keadaan eutiroid dengan preparat antitiroid dan pemberian senyawa yoyida praoperatif untuk mengurangi ukuran serta vaskularisasi kelenjar tiroid tersebut.

0 comments:

Posting Komentar