Infolinks In Text Ads

efektifitas edukasi dalam mencegah amputasi kaki diabetic

Ada banyak penelitian yang menunjukkan korelasi positif antara penyuluhan dan penurunan insidens amputasi kaki diabetes. Pada postingan ini penulis merujuk ke penelitian Ollendorf (1998). Penelitian Ollendorf pada 10.000 subjek menunjukkan bahwa edukasi pada pasien dapat menghemat biaya perawatan dan pengobatan sebesar $ 1.1 juta, pendekatan multidisipliner dapat menghemat biaya $. 750.000 dan penggunaan sepatu khusus kaki diabetes dapat mengurangi biaya perawatan sebesar $. 850.000. Lebih lanjut Ollendorf

menambahkan bahwa penyuluhan pada penderita diabetes dapat menurunkan incidens amputasi sebesar 72 %. Van Gills (1999) menambahkan bahwa  terdapat penurunan angka amputasi kaki diabetes dalam kurun waktu 4 tahun pasca implementasi edukasi sebesar 82 %.

Sudah saatnya rumah sakit hingga puskesmas menyediakan kelas diabetes atau setidaknya  memberikan pamphlet yang berisi point-point singkat tentang perawatan kaki diabtees, penjelasan sederhana tentunya akan bermakna besar bagi penderita diabetes.

Mahasiswa keperawatanpun dibekali konsep edukasi bagi pasien diabetes bukan hanya konsep edukasi yang sifatnya turun-temurun atau copy paste, sehingga ilmu keperawatan bisa sedikit berkembang dan punya makna aplikatif dalam konteks klinis sebagai bentuk profesionalisme. Stop amputasi diabetis, sekarang!

0 comments:

Posting Komentar