Infolinks In Text Ads

Asuhan keperawatan Diabetes Mellitus

Askep/Asuhan keperawatan untuk Diabetes Mellitus atau Proses Keperawatan dan Rencana Perawatan Untuk Diabetes Mellitus adalah sebagai berikut
Pengertian Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus adalah gangguan di mana tingkat glukosa darah terus-menerus meningkat di atas kisaran normal. Diabetes mellitus adalah sindrom dengan metabolisme teratur dan hiperglikemia tidak tepat karena baik defisiensi sekresi insulin atau kombinasi dari resistensi insulin dan sekresi insulin tidak memadai untuk mengkompensasi.

Diabetes mellitus terjadi dalam dua bentuk utama: tipe 1, ditandai oleh insufisiensi absolut, dan tipe 2 lebih umum, ditandai dengan resistensi insulin dengan berbagai tingkat cacat sekretori insulin. Diabetes mellitus adalah sekelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa dalam darah (hiperglikemia) akibat cacat pada sekresi insulin, kerja insulin, atau keduanya.

Penyebab Diabetes Mellitus

Penyebab dari kedua tipe 1 dan diabetes tipe 2 masih belum diketahui, meskipun faktor genetik mungkin memainkan peran. Diabetes mellitus hasil dari defisiensi insulin atau resistensi. Insulin mengangkut glukosa ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi dan penyimpanan glikogen. Hal ini juga merangsang sintesis protein dan asam bebas lemak penyimpanan. Kekurangan atau resistensi insulin kompromi akses jaringan tubuh untuk nutrisi penting untuk bahan bakar dan penyimpanan. Para hiperglikemia yang dihasilkan dapat merusak banyak organ tubuh dan jaringan.


Faktor Risiko Diabetes Mellitus

1 Obesitas

2 Fisiologis atau emosional stres, yang dapat menyebabkan elevasi berkepanjangan terhadap hormon

3 Kehamilan, yang menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan kadar hormon estrogen, yang memusuhi insulin

4 Sindrom metabolik, yang dianggap prekursor untuk pengembangan tipe 2 diabetes mellitus

5 Beberapa obat yang dapat menentang efek dari insulin, termasuk diuretik thiazide, kortikosteroid adrenal, dan kontrasepsi hormonal


Patofisiologi Diabetes Mellitus

Insulin disekresi oleh sel beta, yang merupakan salah satu dari empat jenis sel dalam pulau Langerhans di pankreas. Insulin adalah suatu hormon anabolik, atau penyimpanan. Ketika seseorang makan, meningkatkan sekresi insulin dan bergerak glukosa dari darah ke dalam otot, hati, dan sel-sel lemak. Sebagai berikut fungsinya :

1 Angkutan dan memetabolisme glukosa untuk energi

2 Merangsang penyimpanan glukosa di hati dan otot (dalam bentuk glikogen)

3 Sinyal hati untuk menghentikan pelepasan glukosa

4 Meningkatkan penyimpanan lemak makanan dalam jaringan adiposa

5 Mempercepat transportasi asam amino (yang berasal dari protein makanan) ke dalam sel

Selama periode puasa (antara waktu makan dan bermalam), pankreas terus menerus melepaskan sejumlah kecil insulin (insulin basal); hormon lain yang disebut glukagon pankreas (disekresi oleh sel-sel alfa dari pulau Langerhans) dilepaskan ketika kadar glukosa darah menurun dan merangsang hati untuk melepaskan glukosa disimpan. Insulin dan glukagon bersama-sama mempertahankan tingkat konstan glukosa dalam darah dengan merangsang pelepasan glukosa dari hati. Awalnya, hati memproduksi glukosa melalui pemecahan glikogen (glikogenolisis). Setelah 8 sampai 12 jam tanpa makanan, hati membentuk glukosa dari pemecahan zat noncarbohydrate, termasuk asam amino (glukoneogenesis).


Manifestasi Klinis/ tanda dan gejala diabetes mellitus

Manifestasi klinis dari semua jenis diabetes termasuk poliuria, polidipsia, dan polifagia. Poliuria (peningkatan urinasi) dan polidipsia (haus meningkat) terjadi sebagai akibat dari, hilangnya kelebihan cairan berhubungan dengan diuresis osmotik. Pasien juga mengalami polifagia (nafsu makan meningkat) yang dihasilkan dari keadaan katabolik yang disebabkan oleh defisiensi insulin dan pemecahan protein dan lemak. Gejala lain termasuk kelelahan dan kelemahan, perubahan visi mendadak, kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki, kulit kering, lesi kulit atau luka yang lambat untuk menyembuhkan, dan infeksi berulang. Onset Diabetes tipe 1 juga dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan mendadak atau mual, muntah, atau nyeri perut, jika DKA telah dikembangkan.

Penanganan diabetes mellitus

Tujuan utama dari pengobatan diabetes adalah untuk menormalkan aktivitas insulin dan kadar glukosa darah untuk mengurangi pengembangan komplikasi vaskular dan neuropatik.

Obat-obat untuk mengobati diabetes tipe 2 dibagi dalam beberapa kategori:

1 Obat yang terutama merangsang sekresi insulin dengan cara mengikat reseptor sulfonilurea. Sulfonilurea tetap obat yang paling banyak diresepkan untuk mengobati hiperglikemia. Para repaglinida analog meglitinide dan Nateglinide D-fenilalanin derivatif juga mengikat reseptor sulfonilurea dan merangsang sekresi insulin.

2 Obat yang mengubah tindakan insulin: Metformin bekerja di hati. Para thiazolidinediones tampaknya memiliki efek utama mereka pada otot rangka dan jaringan adiposa.

3) Obat-obatan yang pada prinsipnya mempengaruhi penyerapan glukosa,seperti glukosidase inhibitor acarbose dan miglitol

4) Obat-obatan yang meniru efek incretin atau memperpanjang tindakan incretin, inhibitor 1V exenatide dan DPP jatuh ke dalam kategori ini.

5) Lainnya, pramlintide menurunkan glukosa oleh glukagon menekan dan pengosongan lambung melambat.

Insulin

Insulin diindikasikan untuk tipe diabetes 1 serta untuk pasien diabetes tipe 2 dengan hiperglikemia yang insulinopenia tidak menanggapi terapi diet baik sendiri atau dikombinasikan dengan obat hipoglikemik lainnya.

Oleh karena itu, tujuan terapi untuk manajemen diabetes adalah untuk mencapai kadar glukosa darah normal (euglycemia) tanpa hipoglikemia dan tanpa serius mengganggu gaya hidup yang biasa pasien dan aktivitas.

Ada lima komponen manajemen diabetes mellitus

1 Nutrisi manajemen

2 Latihan

3 Pemantauan

4 Terapi farmakologis

5 Pendidikan

Diagnosa Keperawatan untuk Diabetes Mellitus

Diagnosis keperawatan yang umum ditemukan dalam rencana perawatan untuk Diabetes Mellitus adalah:

1 Tidak seimbang Nutrisi: Lebih dari Kebutuhan Tubuh berhubungan dengan asupan lebih dari pengeluaran kegiatan
2 Takut berhubungan dengan injeksi insulin
3 Risiko Cedera (hipoglikemia) terkait dengan efek insulin, ketidakmampuan
4 Kurang Pengetahuan terkait dengan penggunaan agen hipoglikemik oral
5 Risiko Gangguan Integritas Kulit berhubungan dengan sensasi menurun dan sirkulasi ke ekstremitas bawah

Terakhir, kumpulan asuhan keperawatan atau rencana asuhan keperawatan terlengkap yang bagus adalah dengan mencari buku ke pustaka, seperti buku Doegoes, NANDA dan Kumpulan Askep/ Asuhan Keperawatan yang telah di uji ke ilmiahanya oleh suatu universitas/ ilmuwan keperawatan.

0 comments:

Posting Komentar